EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kontribusi Social Comparison terhadap Penerimaan Diri pada Penyandang Tunadaksa di Banjarmasin

Hikmawati, Hikmawati (2022) Kontribusi Social Comparison terhadap Penerimaan Diri pada Penyandang Tunadaksa di Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (640kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penyandang tunadaksa adalah mereka yang mengalami kerusakan atau keterbatasan sebagai akibat dari gangguan bentuk atau hambatan yang terjadi pada tulang, otot, dan sendi. Keterbatasan yang mereka miliki tersebut dapat memicu berbagai permasalahan sosial dan berdampak pula pada kondisi psikologisnya. Adapun permasalahan yang sering dialami penyandang tunadaksa di antaranya adalah stigma masyarakat dan sikap negatif dari lingkungan. Persoalan-persoalan tersebut dapat menumbuhkan perasaan tidak percaya diri, perasaan inferior, dan penilaian diri yang negatif sehingga memicu terjadinya social comparison. Seringnya penyandang tunadaksa melakukan social comparison maka akan menurunkan nilai positif dalam dirinya, salah satunya adalah penerimaan diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kontribusi social comparison terhadap penerimaan diri pada penyandang tunadaksa di Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini yaitu 329 penyandang tunadaksa dengan sampel sebanyak 50 penyandang tunadaksa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Tingkat social comparison penyandang tunadaksa setelah dilakukan analisis berada pada tingkat yang tinggi dengan persentase 100%. 2) Tingkat penerimaan diri pada penyandang tunadaksa diketahui bahwa terdapat 39 penyandang tunadaksa memiliki tingkat penerimaan diri yang rendah atau 78%. Selain itu terdapat penyandang tunadaksa dengan tingkat penerimaan diri yang sedang yaitu sebanyak 14% atau 7 subjek. Sedangkan penyandang tunadaksa dengan tingkat penerimaan yang tinggi sebanyak 8% atau 4 subjek. 3) terdapat kontribusi yang negatif dari social comparison terhadap penerimaan diri penyandang tunadaksa di Banjarmasin, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan kontribusi social comparison terhadap penerimaan diri penyandang tunadaksa di Banjarmasin adalah sebesar 27,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:31
Last Modified: 13 Feb 2023 02:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22149

Actions (login required)

View Item View Item