EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Kegiatan Origami di Masa Covid-19 pada Kelompok B TK Rahayu Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas

Azmi, Nurul (2023) Penerapan Kegiatan Origami di Masa Covid-19 pada Kelompok B TK Rahayu Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pandemi covid-19 membawa dampak perubahan pada pelaksanaan pendidikan yang sedianya dilakukan secara tatap muka, disesuaikan melalui kegiatan belajar dari rumah (BDR).Belajar dari rumah pada pandemi covid 19 perlu adanya kerjasama antar guru dan orang tua untuk mencipatakan pembelajaran yang menyenangkan dan bervariasi agar anak tidak jenuh saat belajar dari rumah salah satunya melalui penerapan origami. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Subjek penelitian guru, orang tua murid. Objek penelitiann ini adalah bagaimana guru menerapkan proses pembelajaran kegiatan origami pada anak usia dini saat pandemi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang diterapkan kegiatan origami pada kelompok B TK Rahayu Kec. Kapuas Timur Kab. Kapuas anak memiliki keterampilan motorik halus dengan kriteria baik. Penilaian kegiatan origami ini menggunakan produk dengan intrumen ceklis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak berkembang dengan baik dengan menerapkan kegiatan origami dimasa pandemi. Hasil dari penilaian produk dengan intrumen ceklis, kegiatan origami saat pandemi pada kelompok B dapat disimpulkan bahwa dalam kemempuan meniru melipat kertas (1-4) lipatan anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) berjumlah 12 orang dan anak yang Mulai Berkembang (MB) terdapat 4 anak. dalam kemampuan melipat kertas sesuai bentuk yang dicontohkan anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 12 orang dan anak yang Mulai Berkembang (MB) terdapat 4 anak. Dalam kemampuan melipat kertas dengan rapai anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 9 anak dan anak yang Mulai Berkembang (MB) terdapat 7 anak. Dalam kemampuan menempel kertas origami anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) terdapat 13 anak dan anak yang Mulai Berkembang (MB) terdapat 3 anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:11
Last Modified: 17 Mar 2023 06:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item