EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pembelajaran Sains Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Terpadu Inklusi Pelita Hati Banjarmasin

Hidayah, Nurul (2023) Strategi Pembelajaran Sains Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Terpadu Inklusi Pelita Hati Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN (NURUL HIDAYAH).pdf

Download (232kB)
[img] Text
2. AWAL .pdf

Download (597kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pembelajaran sains sangat penting bagi anak terutama untuk kehidupan sehari-harinya, karena di dalam pembelajaran sains bisa mempelajari benda-benda di lingkungan sekitar dan menerapkan macam-macam konsep sains yang menjelaskan tentang gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk anak berkebutuhan khusus agar nantinya mereka lebih mengerti, maka dari itu sekolah inklusi perlu melakukan pemilihan strategi pembelajaran sains untuk membantu anak berkebutuhan khusus dalam mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus di PAUD Terpadu Inklusi Pelita Hati Banjarmasin serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan pembelajaran sains di PAUD Terpadu Inklusi Pelita Hati, subjek penelitian ini yaitu guru kelompok B, dan anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang deskriptif. Teknik pengumpulan data Miles dan Huberman dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi) serta keabsahan data. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus di PAUD Terpadu Inklusi Pelita Hati Banjarmasin melalui strategi kooperatif, strategi saintifik dan strategi peer tutor, pada kenyataannya di lapangan ABK kurang terlayani haknya dalam mendapatkan pembelajaran. Adapun faktor yang mendukung strategi pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus di PAUD Terpadu Inklusi Pelita Hati kelompok B diantaranya: teman sebaya, kerjasama orang tua dan pihak sekolah, serta sarana pembelajaran yang menarik. Adapun faktor penghambat strategi pembelajaran sains untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) di antaranya: kemampuan anak, tidak adanya GPK di kelas, dan keterbatasan waktu.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:10
Last Modified: 13 Apr 2023 02:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22651

Actions (login required)

View Item View Item