EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Faktor Penyebab Agresif Verbal pada Siswa MAN di Tabalong (Studi deskriptif dari perspektif pelaku)

Suryana, Nella (2023) Analisis Faktor Penyebab Agresif Verbal pada Siswa MAN di Tabalong (Studi deskriptif dari perspektif pelaku). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN NELLA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AWAL NELLA.pdf

Download (845kB)
[img] Text
ABSTRAK NELLA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I NELLA.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB II NELLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III NELLA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV NELLA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V NELLA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NELLA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN NELLA.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Fenomena akhir-akhir ini yang sangat memprihatinkan adalah semakin maraknya berbagai tindakan kekerasan baik secara fisik (memukul, meninju, dll) maupun verbal (mengejek, mengumpat, dll). Perilaku ini menyebabkan provokasi antara satu orang dengan orang lain dan dapat menyebabkan serangan verbal. Perilaku agresif verbal seperti mengumpat, menghina, dan komentar tidak sopan adalah praktik umum dengan teman-teman di sekolah, dan dianggap secara tidak sengaja menyakiti perasaan orang lain. Remaja dengan agresi verbal sering terjadi di Lembaga pendidikan. Fenomena ini tampaknya menjadikan lembaga pendidikan, dari lembaga umum hingga lembaga keagamaan, menjadi pusat perkembangan perilaku agresif verbal. Pada saat yang sama, lembaga pendidikan juga dipandang sebagai tempat ditawarkannya solusi untuk menumbuhkan perilaku anak muda yang positif. Adapun tujuan yang peneliti nyatakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana agresif verbal berkembang pada siswa Man di Tabalong dan menganalisis apa saja faktor penyebab terjadinya agresif verbal pada siswa Man di Tabalong. Adapun hasil penelitian ini dapat digunakan untuk bahan referensi dalam penelitian berikutnya juga sarana evaluasi untuk sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan menggunakan purposive sampling sebagai metode untuk memilih subjek. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 responden dan 3 orang sebagai informan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini juga menggunakan teknik keabsahan data dan teknik analisis data sebelum turun ke lapangan dan analisis data ketika berada di lapangan dengan melakukan reduksi data, penyajian data serta membuat sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah didapatkan bahwa ketiga subjek, yaitu subjek HL, subjek AN dan subjek FS memiliki perilaku agresif verbal. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya informasi dari informan bahwa subjek HL, AN dan FS sering mengucapkan kata-kata yang kasar yang sering kali dilontarkan kepada teman-temannya. Ketiga subjek menyadari bahwa apa yang dilakukannya tidak lah benar, tetapi subjek tetap bersikukuh bahwa perilakunya tersebut adalah hal yang wajar. Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab agresif verbal pada ketiga subjek ini ialah faktor internal ialah faktor frustasi, faktor pengamatan atau tanggapan dan faktor perasaan atau emosi dan faktor eksternal adalah faktor lingkungan, keluarga dan sosial dalam bermasyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Jun 2023 06:15
Last Modified: 13 Jun 2023 06:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item View Item