EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis SWOT pada Majelis Sholawat Miftahussalam Banjarbaru

Wardani, Akhmad Reza Maulana (2023) Analisis SWOT pada Majelis Sholawat Miftahussalam Banjarbaru. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Problematika dakwah sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para da’i. Tidak aneh lagi, pada zaman milenial ini penyebaran agama islam adalah penampakan dari pendakwah orang-orang alim sebelum kita. Sholawatan sangat tren di zaman sekarang dan banyak tersebar di YouTube dan artikel di era globalisasi atau IPTEK sekarang ini, selain itu juga sholawatan terus berkembang dari masa ke masa walaupun masih belum diketahui pasti secara jelas asal usul masuknya budaya sholawatan di Indonesia, tetapi bisa kita lihat dari perkembangan musik islami di Indonesia dan banyaknya jenis sholawatan di Indonesia. Dalam berdakwah kita perlu kekuatan ekstra, bukan hanya sekedar mengajak atau ceramah saja tapi lebih dari itu.Untuk menghadapi masalah dakwah yang makin berat dan meningkat, maka penyelenggaraan syiar dakwah tak mungkin dapat dilakukan sendiri-sendiri atau sambil lalu saja. Tapi, pelaksanaan syiar dakwah harus dilaksanakan secara tersusun, terorganisir, terstruktur, menggunakan ragam media, adanya inovasi, target audiens jelas, harus punya ciri khas tertentu, metode tertentu, tentunya mengarah ke sumber daya yang dimiliki. Maka dari itu perlunya dilakukan analisis dan penilaian secara menyeluruh terhadap ruang lingkup serta unsur-unsur dakwah agar aktivitas dakwah terkendali untuk mencapai tujuannya, salah satu cara untuk melihat perkembangan dakwah yaitu melalui Analisis SWOT. Peneliti bertujuan untuk mengetahui Analisis SWOT pada majelis sholawat Miftahussalam Banjarbaru yang dilakukan untuk meningkatkan performa di masa depan dan terus mengalami progres yang lebih baik. Peneliti memperoleh data dengan mengobservasi, wawancara dan dokumentasi di majelis sholawat Miftahussalam Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah riset lapangan (field research), dengan tipe deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan suatu kejadian secara teratur dengan menggunakan fakta yang ada untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi saat ini. Hasil temuan peneliti, berdasarkan analisis internal majelis sholawat Miftahussalam terlihat bahwa organisasi ini memiliki beberapa kekuatan, seperti manajerial yang baik, SDM yang berpotensi, reputasi baik, fasilitas yang berkualitas dan jaringan yang kuat. Namun, terdapat kelemahan seperti transportasi, kurangnya staf ahli, dan regenerasi keanggotaan. Peluang terletak pada permintaan tinggi untuk acara sholawatan, banyaknya anggota baru, dan potensi kerjasama, sementara ancaman datang dari persaingan dan pengelolaan yang mudah ditiru. Penting bagi majelis sholawat Miftahussalam untuk memanfaatkan kekuatankekuatannya, mengatasi kelemahan, mengejar peluang, dan mengurangi ancaman guna mencapai tujuan secara efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:10
Last Modified: 05 Jul 2023 00:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item View Item