EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Manasik Haji dan Umrah di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin

Rusyidawati, Rusyidawati (2023) Bimbingan Manasik Haji dan Umrah di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh para jemaah haji dan umrah yang masih belum memahami secara menyeluruh mengenai manasik haji dan umrah, sehingga masih banyak ditemukan jemaah yang masih keliru yang berkaitan pada keabsahan dan keutamaan dalam melaksanakan ibadah haji. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran mengenai bimbingan manasik haji dan umrah. Hal ini tidak luput dari peran pembimbing dan kerjasama tim yang bisa mewujudkan pemahaman dan kemandirian untuk para calon jemaah haji dan umrah akan teori dan praktik manasik yang sudah disampaikan. Penelitian ini dilakukan dengan bimbingan manasik haji dan umrah di UPT. Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. Adapun fokus penelitian yang dibahas adalah terkait bagaimana bimbingan manasik haji dan umrah di unit pelaksana teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bimbingan manasik haji dan umrah di UPT. Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjeknya adalah seluruh pegawai UPT. Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dengan jumlah pegawai 19 orang dan objeknya adalah bimbingan manasik haji dan umrah terhadap peserta atau masyarakat umum dan calon jemaah haji di unit pelaksana teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan manasik haji dan umrah yang diadakan oleh pihak asrama haji disampaikan secara offline dan online, yang mana secara online bisa melalui applikasi zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 16.00 Wita setelah salat ashar dari tanggal 28 Januari berakhir 11 Februari 2023 selama 1 bulan, metode yang digunakan dalam memberikan bimbingan manasik haji dan umrah adalah secara teori dan praktik. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan bimbingan manasik haji dan umrah adalah agar seluruh jemaah mampu memahami materi atau teori dan praktik yang disampaikan. Dan memaksimalkan pemahaman peserta atau masyarakat umum, terutama kepada para calon jemaah haji dan umrah terhadap manasik, agar tercapainya kemabruran kepada para calon jemaah haji dan umrah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:48
Last Modified: 11 Jul 2023 05:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23582

Actions (login required)

View Item View Item