EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENANAMAN NILAI- NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI ISTIGHOSAH DI RA SEMUDERA RAYA KEC. BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN

Heldawati, Heldawati (2023) PENANAMAN NILAI- NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI ISTIGHOSAH DI RA SEMUDERA RAYA KEC. BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)

ABSTRAK

Heldawati: 190101080375. Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral melalui Istighosah di RA Samudera Raya Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Pembimbing Bidang Konten dan Metodologi Ibu Rizki Nor Haida, S. Psi., M. Pd dan Pembimbing Bidang Bahasa dan Teknik Penulisan Ibu Dra. Rusdiah, M. Pd. I, pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. 2023. Kata Kunci: Penanaman Nilai Agama dan Moral, Istighosah, Anak Usia Dini Menanamkan nilai agama dan moral pada anak usia dini bukanlah perihal yang mudah, karena itu perlunya metode-motede yang tepat dalam penanamannya walaupun dilakukan secara bertahap sedikit demi sedikit dan menyesuaikan dengan usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penanaman Nilai-Nilai agama dan moral melalui Istighosah di RA Samudera Raya Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai nilai ibadah melalui istighosah. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian yaitu di RA Samudera Raya Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Subjek penelitian yakni kepala sekolah dan 4 orang guru kelompok A dan B. Sedangkan objek penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai agama dan moral melalui istighosah di RA Samudera Raya Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian penanaman nilai-nilai agama dan moral melalui istighosah di RA Samudera Raya Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin merupakan suatu penanaman nilai-nilai agama dan moral yang dilakukan melalui kegiatan istighosah. Istighosah ialah kegiatan yang rutin dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu yakni pada hari selasa dari jam 08.00 WITA s.d 08.30 WITA. Materi istighosah diulang kembali setiap harinya di dalam kelas masing-masing dengan dibimbing oleh guru kelas. Proses pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama dan moral melalui istighosah dilakukan dengan beberapa metode yakni, metode pembiasaan, metode bercakap-cakap, metode keteladanan, dan metode bernyanyi. Faktor pendukung meliputi: a. guru, b. orang tua, c. sarana. Faktor penghambat meliputi: a. prasarana, b. anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:30
Last Modified: 18 Jul 2023 06:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item