EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Haji dan Umrah di PT. Kamilah Wisata Muslim Banjarmasin

Naimah, Syarifah (2023) Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Haji dan Umrah di PT. Kamilah Wisata Muslim Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu manajemen pelayanan memegang peranan penting dalam menjamin keberhasilan dan kepuasan jemaah haji dan umrah ke Tanah Suci melalui biro perjalanan haji dan umrah. PT Kamilah Wisata Muslim Banjarmasin adalah biro perjalanan yang mengkhususkan pada pelayanan umrah dan haji. Prioritas pelayanan pada PT. Kamilah Wisata Muslim Banjarmasin untuk merencanakan pelayanan haji dan umrah yang aman, nyaman dan memenuhi kebutuhan spiritual para jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan manajemen pelayanan yang digunakan oleh para pengelola dalam melaksanakan manajemen pelayanan haji dan umrah serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat penerapan manajemen pelayanan haji dan umrah di PT. Kamilah Wisata Muslim Banjarmasin dalam memberikan pelayanan terhadap jemaahnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang tergolong dalam penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah pimpinan. Karyawan dan jamaah yang menggunakan jasa travel PT. Kamilah Wisata Muslim Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Kamilah Wisata Muslim Banjarmasin merawat jemaah haji dan umrah dengan baik. Mereka menawarkan layanan administrasi dengan standar tinggi, fasilitas operasional baik di dalam Negeri maupun di Tanah Suci, pelatihan pra-keberangkatan dan perlindungan asuransi bagi jemaah, meskipun menghadapi persaingan harga dari lembaga penyelenggara lain. Mereka merencanakan, membina, melindungi, dan mengontrol para jemaah haji dan umrah. Faktor utamanya adalah persaingan biaya, tetapi di balik itu ada faktor pendukungnya yaitu letak kantor yang strategis, memegang izin resmi dari kemenag, sumber daya yang kompeten serta sarana dan prasarana yang lengkap.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:36
Last Modified: 18 Jul 2023 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23787

Actions (login required)

View Item View Item