EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLIKASI PROGRAM TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS XI MAN 1 BANJAR

Ulfah, Nida (2023) IMPLIKASI PROGRAM TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS XI MAN 1 BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (838kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mempersiapkan generasi-generasi bangsa yang unggul dan berakhlak mulia untuk masa yang akan datang. Madrasah sebagai bagian dari lembaga pendidikan Islam ikut memikul beban yang tidak ringan dalam rangka mengantisipasi arus budaya global sehingga tidak menghancurkan sendi-sendi keberagamaan masyarakat muslim. Dengan menerapkan program tadarus al-Qur’an di sekolah diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap al-Qur’an dan membuat siswa terbiasa melakukan tadarus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program tadarus al-Qur’an, mengetahui implikasinya terhdap kemampuan membaca al - Qur’an siswa, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tadarus al -Qur’an di MAN 1 Banjar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Subjek penelitian yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru al-Qur’an Hadis dan siswa kelas XI MAN 1 Banjar dan objek penelitian adalah implikasi tadarus al-Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas XI MAN 1 Banjar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 teknis yang dilakukan pada pelaksanaan program tadasrus al-Qur’an, pertama didampingi oleh guru yang mengajar pada jam pertama, kedua tiidak didampingi oleh guru, Ketiga, pada pelaksanaannya dipimpin oleh satu orang perwakilan siswa dengan menggunakan pengeras suara, keempat ada perbedaan urutan dan jumlah ayat yang dibaca pada beberapa kelas. Implikasi program tadarus al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca al -Qur’an siswa sudah mulai terlihat melalui hasil tes yang membuktikan bahwa sebagian besar siswa sudah berada pada kategori mampu dan hanya ada beberapa siswa yang berada pada kategori kurang mampu dalam membaca al -Qur’an. Faktor pendukung berupa dukungan dari pihak sekolah seperti Kepala Madrasah dan dewan guru, sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya pengawasan oleh guru. faktor penghambat berupa keterbatasan guru yang bisa mengajarkan al -Qur’an, latar belakang pendidikan siswa, dan minat siswa yang masih kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:24
Last Modified: 18 Jul 2023 06:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23831

Actions (login required)

View Item View Item