EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN PENGELOLAAN DANA DALAM MEMAKMURKAN JEMAAH MASJID AL JIHAD DI BANJARMASIN

Aulia Nuriyah, Aulia Nuriyah (2023) MANAJEMEN PENGELOLAAN DANA DALAM MEMAKMURKAN JEMAAH MASJID AL JIHAD DI BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini meneliti tentang manajemen pengelolaan dana dalam memakmurkan Jemaah masjid Al Jihad di Banjarmasin menarik untuk diteliti karena pengelolaan dana bagian yang penting dalam kegiatan yang ada di masjid. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah manajemen pengelolaan dana dengan menggunakan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasaan dari kegiatan yang dilakukan di Masjid Al Jihad di Banjarmasin, dan bagaimana pemanfaatan dana masjid Al Jihad dalam memakmurkan Jemaah nya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan melalui pendekatan kualitatif dan penjabaran data deskriptif pengambilan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi peneliitian terletak di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Adapun yang menjadi subjek penelitian yakni Bendahara, Sekretaris dan Jemaah Masjid Al Jihad. Hasil penelitian ini yaitu pertama, pengumpulan dana masjid Al Jihad Banjarmasin pada tahap perencanaan sudah baik dengan adanya strategi yaitu merumuskan masalah, menyiarkan dakwah, mengumumkan kepada jemaah dan menyebarkan kotak amal. Tahap pengorganisasian sudah ada struktur organisasi yang baik dengan pembagian job deskripsinya masing-masing. Pada tahap pelaksanaan, dana yang dikumpulkan diinput melalui komputer di aplikasi excel sesuai dengan PSAK No. 45. Pada tahap pengawasan diawasi oleh bendahara, wakil bendahara dan pengurus lainnya. Kedua, pendistribusian dana masjid Al Jihad pada tahap perencanaan sudah baik untuk kenyamanan jemaahnya. Tahap pengorganisasian sudah ada struktur organisasi yang baik dengan job deskripsinya masing-masing. Tahap pelaksanaan semua dana yang di dapatkan digunakan untuk fisik dan non fisik masjid dan sudah terlaksana dengan baik. Pada tahap pengawasaan sudah di awasi oleh kepala bidangnya masing-masing.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:00
Last Modified: 18 Jul 2023 07:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23840

Actions (login required)

View Item View Item