EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Aplikasi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan

Ummah, Khoiruli (2023) Pengelolaan Aplikasi Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Di era modern seperti sekarang penggunaan teknologi informasi menjadi syarat mutlak bagi penyelenggaraan sebuah perpustakaan. Penggunaan teknologi melalui aplikasi perpustakaan akan sangat membantu dalam memberikan layanan yang prima terhadap pemustaka. Atas dasar pemikiran inilah maka perpustakaan provinsi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip Kalsel) menjadi model percontohan dalam penggunaan teknologi informasi melalui aplikasi perpustakaan berbasis INLIS Lite untuk memaksimalkan layanan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan aplikasi perpustakaan berbasis INLIS Lite di Dispersip Kalsel dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan Aplikasi Perpustakaan berbasis INLIS Lite di Dispersip Kalsel. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitiannya yakni pengelolaan aplikasi perpustakaan INLIS Lite di Dispersip Kalsel, sedangkan subjek penelitiannya adalah staff/pegawai bagian pengelolaan aplikasi perpustakaan INLIS Lite di Dispersip Kalsel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data uji keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan ulang data di lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan dari data yang diperoleh adalah perencanaan fitur-fitur yang dijalankan pada aplikasi INLIS Lite di Dispersip Kalsel belum berjalan seluruhnya; pengorganisasian dalam pengelolaan masih merangkap. Penempatan pegawai pengelola INLIS Lite di Dispersip Kalsel sudah sesuai dengan keahliannya; pengarahan secara khusus dari atasan tidak ada serta tidak ada target khusus yang harus dipenuhi; pengawasan aplikasi dicek oleh pihak server IT melalui validasi; tidak ada evaluasi dalam kurun waktu tertentu. Pihak server hanya menangani keluhan dari pihak yang menggunakan aplikasi INLIS Lite. Faktor yang mempengaruhi kegiatan pengelolaan aplikasi INLIS Lite di Dispersip Kalsel adalah sumber daya manusia yang cukup; sumber daya finansial yang memadai; jaringan internet komputer cenderung stabil; usia perangkat komputer yang digunakan; serta sarana dan prasarana yang ada memadai untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:31
Last Modified: 20 Jul 2023 09:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23959

Actions (login required)

View Item View Item