EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Variasi Mengajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Muddakir Banjarmasin

Ghoni, Ahmad Laili (2023) Variasi Mengajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Muddakir Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (272kB)

ABSTRAK

Guru dalam memberikan pertanyaan sebagian peserta didik tidak merespon, sebagian peserta didik jenuh mendengarkan penjelasan guru, serta ada peserta didik tidak memperhatikan materi pelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga masih ada sebagian peserta didik yang bermain bersama teman sebangku ketika guru menjelaskan pelajaran. Fokus penelitian ini di antaranya variasi mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Muddakir Banjarmasin serta faktor apa saja yang mempengaruhi dalam mengadakan variasi mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan di antaranya tenaga pendidik dan kependidikan di MTs Al Muddakir Banjarmasin yang dapat memberikan kelengkapan informasi data yang telah diperoleh dari subjek penelitian. Dalam hal ini kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum dan kepala tata usaha di MTs Al Muddakir Banjarmasin serta responden yaitu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Muddakir. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru Seijarah Keibuidayaan Islam dalam meingguinakan variasi meingajar di MTs Al Muddakir Banjarmasin teirbagi meinjadi tiga aspeik yaitui variasi gaya meingajar, variasi dalam meingguinakan meidia/alat peimbeilajaran dan variasi pola inteiraksi meingajar antara guirui dan peiseirta didik. Guirui Seijarah Keibuidayaan Islam mengkolaborasikan keitiga aspeik teirseibuit dalam peimbeilajaran Sejarah Kebudayaan Islam seisuiai deingan mateiri yang suidah guiru susun sebelum waktu pembelajaran di kelas. Kemudian faktor yang mempengaruhi terhadap variasi mengajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Muddakir Banjarmasin terdiri dari faktor peinduikuing dan peinghambat. Faktor peinduikuing yaitui, latar beilakang peindidikan seirta keimampuian inteileiktuial guru, keiteirseidiaan sarana dan prasarana seirta antuisias peiseirta didik. Seidangkan faktor peinghambat beiruipa karakteir siswa yang beirbeda-beda satu sama lain dan peirkeimbangan teiknologi yang seilalui beirkeimbang.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 20 Jul 2023 21:47
Last Modified: 20 Jul 2023 21:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23970

Actions (login required)

View Item View Item