EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Adiwiyata MI Darul Huda Kota Banjarmasin

Ilmiah, Hidayatul (2023) Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Adiwiyata MI Darul Huda Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (736kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kata Kunci: Impelentasi, Pendidikan Lingkungan Hidup, Sekolah Adiwiyata. Latar belakang Pendidikan hendaknya mampu menjawab persoalan- persoalan yang nantinya dihadapi siswa di masyarakat serta dapat memecahkan masalah saat ini terkait kesadaran lingkungan. Pendidikan lingkungan hidup sangat penting karena berpengaruh terhadap sikap dan perilaku anak. Oleh karena itu, pendidikan lingkungan hidup yang diberikan di sekolah hendaknya bisa menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Terkait hal tersebut di MI Darul Huda Kota Banjarmasin menerapkan pendidikan lingkungan dengan berbagai macam kegiatan yang di laksanakan di sekolah guna membiasakan siswa menjaga lingkungan di sekolah maupun di luar sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan lingkungan hidup di sekolah adiwiyata yaitu MI Darul Huda Kota Banjarmasin dan hal yang menjadi kendala dalam pengimplementasiannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wali kelas dan salah satu siswa. Objek penelitiannya adalah implementasi pendidikan lingkungan hidup di MI Darul Huda dan kendala implementasi pendidikan lingkungan hidup. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan teknik analisis dalam penelitian ini ialah data yang di dapat akan diolah dan dianalisis kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa Implementasi pendidikan lingkungan hidup pada sekolah adiwiyata MI Darul Huda Kota Banjarmasin di bagi menjadi 3 bagian, yaitu perencanaan, meliputi penyusunan tim, melaksanakan kajian lingkungan dan pembuatan program. Pelaksanaan meliputi kegiatan pembiasaan, pembelajaran pendidikan lingkungan hidup dan kegiatan pendukung dan terakhir evaluasi oleh kepala sekolah dan tim adiwiyata perihal program yang dilaksanakan. Kendala-kendala nya pun terdiri dari dana yang kurang untuk sarana prasarana, pelatihan guru yang belum di laksankan dan komitmen pelaksanakan pendidikan lingkungan hidup oleh siswa belum konsisten.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:47
Last Modified: 24 Jul 2023 01:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24072

Actions (login required)

View Item View Item