EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Disiplin Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Karakter Siswa di MAN 3 Banjarmasin

Ayu, Sutika (2023) Implementasi Disiplin Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Karakter Siswa di MAN 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan keaslian Tulisan Tika.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Bagian Awal Tika.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sutika_3_ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Sutika_4_BAB_I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Sutika_5_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
Sutika_6_BAB_III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
Sutika_7_BAB_IV.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Sutika_8_BAB_V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Sutika_9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Sutika_10_LAMPIRAN.pdf

Download (905kB)

ABSTRAK

Di era globalisasi, kemajuan pesat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni telah menjadi bukti. Konsekuensinya, memiliki karakter yang kuat menjadi sangat penting untuk mengarungi kompleksitas globalisasi. Pendidikan karakter merupakan pilar fundamental bangsa dan harus ditanamkan kepada generasi muda sejak usia dini. Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa dan menjadi pondasi yang vital. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan tata tertib sekolah di MAN 3 Banjarmasin; 2) Menilai implementasi disiplin sekolah dalam peningkatan kualitas karakter siswa di MAN 3 Banjarmasin; 3) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan disiplin sekolah di MAN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan desain penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui strategi analisis kualitatif, meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dari penelitian lapangan, beberapa kesimpulan dapat ditarik. Pertama, pelaksanaan tata tertib sekolah di MAN 3 Banjarmasin berjalan efektif dengan kerjasama guru dan staf lain yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Kedua, guru berperan penting sebagai pembimbing bagi siswa, dan kegiatan seperti sholat sunnah dhuha dan tahfiz berkontribusi untuk menumbuhkan kedisiplinan dan meningkatkan karakter siswa. Selanjutnya, guru bimbingan dan konseling memberikan dukungan yang berharga dalam menjaga disiplin di kalangan siswa. Ketiga, faktor yang mendukung keberhasilan penerapan disiplin sekolah antara lain dukungan dan keteladanan positif yang diberikan oleh seluruh tenaga kependidikan, termasuk kepala sekolah. Namun, infrastruktur yang kurang memadai, seperti fasilitas mushola yang tidak memadai untuk menampung semua siswa, menjadi tantangan dalam penerapan disiplin sekolah. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan pentingnya penerapan disiplin sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas karakter siswa. Temuan ini memberikan wawasan tentang keberhasilan dan kendala yang dihadapi oleh MAN 3 Banjarmasin dalam menerapkan disiplin sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jul 2023 11:40
Last Modified: 23 Jul 2023 11:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24087

Actions (login required)

View Item View Item