EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Etika Komunikasi Dakwah pada Ceramah Agama Ustadz Ilham Humaidi di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Rahman, Irham Ridho Maulana (2023) Implementasi Etika Komunikasi Dakwah pada Ceramah Agama Ustadz Ilham Humaidi di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
AWALL.pdf

Download (804kB)
[img] Text
ABSTRAKK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB4 .pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB5.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (106kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dakwah sebagai suatu kegiatan dalam kehidupan seorang muslim tentunya kegiatan tersebut harus dilandasi oleh ajaran dasar Islam itu sendiri.Dasar utama ajaran Islam adalah berdasarkan Al-Qur''an dan Al-Hadits. Meskipun pelaksanaan dakwah juga berlaku dalam komunikasi antar pribadi dalam masyarakat .Oleh karena itu, banyaknya da’i di Indonesia ini, mulai sabang sampai maroke, kususnya Kalimantan selatan , contohya beberapa da’i di Banjarmasin, seperti ustad ilham humaidi , ustad rasyid ridha, Tuan Guru muaz, dan masih banyak lagi, oleh karna itu perlu diperhatikan pula peraturan-peraturan yang berlaku di dalam masyarakat tersebut, Sehingga dengan demikian pelaksanaan dakwah tidak banyak mengalami hambatan-hambatanPenelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah salah satu metode penelitian yang dapat menghasilkan data berupa perilaku orang-orang yang diamati, ucapan maupun tulisan Untuk memenuhi berbagai macam data, pada pendekatan kualitatif dilakukan dengan berbagai macam metode seperti penelitian arsip maupun dokumen, penelitian lapangan, wawancara kelompok serta wawancara individual. Pelaksanaan metode tersebut saling berkaitan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Berdasarkan perspektif konstruktif agar dapat membangun pernyataan pengetahuan seperti nilai sejarah dan sosial, makna yang bersumber dari pengalaman individu dengan tujuan untuk membangun pengetahuan dan teori tertentuPenerapan etika komunikasi dakwah pada ceramah Ustadz Ilham Humaidi meliputi pemilihan media yang tepat, penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh jamaah, dan penggunaan argumentasi yang kuat dan berdasarkan sumber yang terpercaya. Selain itu, Ustadz Ilham Humaidi juga mampu membangun suasana yang harmonis dan memperkuat toleransi antar jamaah melalui pesan-pesan dakwah yang disampaikannyaDalam kesimpulannya, implementasi etika komunikasi dakwah sangat penting dalam membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan audiens, serta memastikan bahwa dakwah yang disampaikan benar-benar dapat memberikan manfaat dan tidak merugikan pihak lain. Oleh karena itu, setiap da''i atau penceramah Islam harus memperhatikan etika komunikasi dakwah dengan baik dalam setiap dakwah yang disampaikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jul 2023 10:36
Last Modified: 23 Jul 2023 10:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24103

Actions (login required)

View Item View Item