EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Guru, Orang Tua, dan Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring di MI Al-Fitrah Tamiang Layang

Hidayah, Melinda Rizki Noor (2023) Problematika Guru, Orang Tua, dan Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring di MI Al-Fitrah Tamiang Layang. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (810kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (645kB)

ABSTRAK

Kata Kunci: Problematika Guru, Orang Tua, dan Peserta Didik, serta Pembelajaran Daring. Adanya pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia menjadi sesuatu yang sangat menakutkan mengingat virus ini dapat menyerang siapa saja dan berdampak mematikan. Guna mengurangi penyebaran maka pemerintah mengeluarkan pembatasan interaksi ini kemudian memberikan dampak pada seluruh aktivitas kehidupan termasuk lembaga pendidikan, proses belajar mengajar yang menuntut kehadiran fisik di ruang kelas kini digantikan dengan cara belajar online melalui pemanfaatan teknologi digital. Sehingga muncullah kendala-kendala yang dialami guru, orang tua, dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran online selama masa covid-19 Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh penulis dengan menggunakan teknik wawancara, dengan jumlah responden yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas I-VI, Perwakilan Wali Kelas I-III, dan perwakilan Siswa Kelas IV-VI di MI Al-Fitrah Tamiang Layang. Lokasi penelitian ini adalah MI Al-Fitrah Tamiang Layang yang terletak di Jalan 45 RT 15 Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik reduksi, penyajian data dan verifikasi guna memberikan interpretasi terhadap data yang telah disajikan supaya menjadi jelas dan mudah dipahami. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah pertama, pembelajaran daring di MI Al-Fitrah Tamiang Layang menggunakan aplikasi whatsapp proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan menggunakan metode based learning (video dan suara), peserta didik tidak hanya difokuskan untuk mengikuti pembelajaran saja tapi peserta didik juga diberikan tugas oleh guru. Kedua, alat elektronik seperti handphone, dan koneksi jaringan internet merupakan kebutuhan yang penting untuk melaksanakan pembelajaran daring serta prasarana yang mendukung adalah tempat dirumah masing-masing peserta didik dikarenakan pembelajaran dilakukan dari rumah. Ketiga, Problematika yang dialami guru, orang tua dan peserta didik yaitu sama ialah jaringan dan orang tua peserta didik tidak memiliki handphone sehingga kesulitan untuk mengikuti pembelajaran daring serta dikarenakan jaringan yang lelet mengakibatkan pengumpulan tugas yang terlambat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:36
Last Modified: 24 Jul 2023 02:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item View Item