EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Keterampilan Membaca Lancar pada Pembelajaran Tematik di Kelas III SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin

Mila, Rosy (2023) Keterampilan Membaca Lancar pada Pembelajaran Tematik di Kelas III SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (638kB)

ABSTRAK

Kemampuan membaca dapat dikembangkan sejak dini, kemampuan membaca lancar dengan baik apabila dalam bimbingan maksimal dari pendidik. Ketidakmampuan membaca dengan lancar terjadi di Kelas III SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin, Idealnya anak kelas III seharusnya dikategorikan dalam tahap membaca lancar. Namun faktanya membaca permulaan saja belum, dimana peserta didik seharusnya sudah mengenal huruf, kata, dan kalimat. Kesulitan yang dialami peserta didik dalam membedakan huruf yang bentuknya mirip, mereka juga sulit membedakan huruf yang bunyinya hampir sama dan kesulitan dalam merangkai suku kata. Dan berdasarkan hal tersebut mempengaruhi nilai harian dari beberapa peserta didik, yang memiliki nilai dibawah jumlah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 65. Fakta yang terdapat saat observasi, pada saat kenaikan kelas terdapat 4 peserta didik, dan dari kelas 2 naik kelas 3 terdapat peserta didik naik bersyarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca lancar, foktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca lancar, dan kendala yang dialami peserta didik dalam keterampilan membaca lancar pada pembelajaran tematik di kelas III SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokmentasi. Responden yaitu guru yang mengajar pembelajaran Tematik di Kelas III, dan informannya yaitu kepala sekolah dan staf tata usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan dari hasil kecepatan efektif membaca (KEM) didapatkan skor tertinggi 160 kata per menit dan skor terendah 26 kata per menit. Hasil tes pemahaman isi bacaan terdapat 4 peserta didik yang mendapat skor 100%, dan skor terendah ada 4 peserta didik mendapat skor 20%. Hasil dari menghitung kecepatan efektif membaca (KEM), Skor KEM tertinggi pada data yang diuraikan sebesar 138 kpm sedangkan skor terendah 5 kpm. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca lancar yaitu tingkat intelegensi, minat, motivasi, dan lingkungan. Adapun juga Kendala yang dialami peserta didik dalam keterampilan membaca pada pembelajaran tematik di kelas III yaitu peserta didik belum bisa mengeja, sulit membedakan huruf atau sering tertukar, dan kesulitan membaca huruf konsonan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 24 Jul 2023 14:04
Last Modified: 24 Jul 2023 14:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24192

Actions (login required)

View Item View Item