EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Terpuji di SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut

Nila, Indri Aprilia (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Terpuji di SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Peran guru adalah suatu tindakan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik bertujuan untuk memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik. Sehingga peran seorang pendidik sangatlah diutamakan untuk membentuk dan membina akhlak terpuji pada diri peserta didik. Dalam penelitian ini penulis meneliti mengenai peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak terpuji di SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut serta faktor pendukung dan penghambat dalam peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak terpuji di SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak terpuji di SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu. Subjek penelitian ini adalah 3 guru Pendidikan Agama Islam dan 3 peserta didik SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Objek penelitian adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak terpuji di SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Pengolahan Data dan Teknik Analisis Data yang didapat akan diolah dan dianalisis kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa peran guru pendidikan agama Islam di sekolah ini terlaksana dengan baik melalui keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, dan hukuman; serta kedisiplinan, toleransi, sopan santun yang secara langsung diterapkan guru dan peserta didik di SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Adapun hambatannya terletak pada peserta didik yang memiliki perbedaaan latar belakang keluarga, karakteristik, serta penerapan sehingga menjadikan seorang guru harus mampu untuk mengeksplorasi dan melakukan pendekatan pada peserta didik agar dapat membina akhlak terpuji secara efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:41
Last Modified: 26 Jul 2023 00:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24253

Actions (login required)

View Item View Item