EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Media IT pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Majid, M. Nur Cholis (2023) Penerapan Media IT pada Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Skripsi Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (397kB)
[img] Text
2. Skripsi Awalan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Skripsi Abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4. Skripsi BAB 1.pdf

Download (412kB)
[img] Text
5. Skripsi BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
6. Skripsi BAB 3.pdf

Download (213kB)
[img] Text
7. Skripsi BAB 4.pdf

Download (348kB)
[img] Text
8. Skripsi BAB 5.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. Skripsi Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)
[img] Text
10. Skripsi Lampiran.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Media IT di dalam pembelajaran adalah pembelajaran yang menggunakan media IT yang berbentuk video, poster digital, atau sumber belajar lainnya yang berbentuk file. Penerapan Media IT pada penelitian ini menggunakan video tutorial tata cara sholat jenazah untuk memperagakan materi pembelajaran agar mempermudah siswa memahami dan mengingat proses materi yang disampaikan khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media IT di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Banjarmasin dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan media IT pada mata pelajaran Fiqih di kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Banjarmasin pada materi kepengurusan jenazah, dan tata cara sholat jenazah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran Fiqih dan 9 orang siswa kelas X IIS. Objek penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dengan media IT pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan media IT pada pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Banjarmasin yaitu sebagai berikut: 1) Guru menyiapkan RPP dan media ajar sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. 2) siswa sangat antusias dalam mengamati video tutorial tata cara sholat jenazah yang dibagikan oleh guru. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media IT diantaranya adalah pengalaman guru, minat siswa, tujuan pembelajaran, situasi dan kondisi, serta fasilitas yang memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:08
Last Modified: 28 Jul 2023 07:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24409

Actions (login required)

View Item View Item