EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Empati Terhadap Perilaku Prososial pada Siswa di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin

Rokayah, Rokayah (2023) Hubungan Empati Terhadap Perilaku Prososial pada Siswa di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Awalan.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Abstrak 1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penanaman empati dan perilaku prososial sangat ditekankan pada siswa. Empati dan perilaku prososial saling berkaitan erat dengan perkembangan remaja. Walaupun sudah diajarkan tentang penanaman empati dan perilaku prososial namun fakta di lapangan masih ditemukan beberapa siswa tidak berempati dengan baik terhadap teman, guru, dan orang lain, tidak mau menolong orang, memilih teman saat kerja kelompok, mengejek teman, tidak meminjamkan alat tulis kepada teman, saat kembali ke kelas ada siswa yang menendang sepatu temannya dimainkan seperti bola, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar tingkat empati pada siswa di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin, untuk mengetahui seberapa besar tingkat perilaku prososial pada siswa di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin, dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan empati terhadap perilaku prososial pada siswa di SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan korelasinal yaitu analisis korelasi produk moment. Populasi dalam penelitian ini yaitu 453 orang siswa dengan sampel 91 orang siswa SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan proporsional random sampling (sampel yang diambil secara acak) dan analisis data menggunakan SPSS Statistic 22. Hasil yang diperolah dari penelitian ini adalah 1) Tingkat empati siswa pada kategori tinggi sebesar 64,8% atau 59 orang siswa. 2) Tingkat perilaku prososial siswa pada kategori tinggi sebesar 51,6% atau 47 orang siswa. 3) Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara empati dan perilaku prososial pada siswa SMPIT Ukhuwah Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelai r hitung antara variabel empati dan perilaku prososial sebesar 0,732, sedangkan r tabelnya sebesar 0,206, r hitung > r tabel (0,732 > 0,206). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang kuat antara empati dan perilaku pososial serta menunjukkan bahwa semakin tinggi empati yang dimiliki maka semakin tinggi pula perilaku prososialnya. Sebaliknya semakin rendah empati yang dimiliki maka semakin rendah pula perilaku prososialnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:11
Last Modified: 14 Aug 2023 01:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item