EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Sekolah Penggerak di Kota Banjarmasin

Jazuli, Muhammad (2023) Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Sekolah Penggerak di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Adapun latar belakang penelitian ini adalah Pada 1 Februari 2021 lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim meluncurkan kurikulum Sekolah Penggerak. Kemendikbud Ristek mengeluarkan keputusan Menteri tentang program sekolah penggerak. Program Sekolah Penggerak sebagai model satuan pendidikan bermutu adalah program Kemendikbud dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Masalah lain di lapangan saat ini adalah implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak. Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara mental dengan Kurikulum Sekolah Penggerak ini, karena kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif, pada kenyataannya sangat sedikit para guru yang seperti itu, sehingga membutuhkan waktu yang panjang agar bisa membuka cakrawala berfikir guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Sekolah Penggerak dan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada sekolah penggerak Kota Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 (lima) orang guru PAI dari SMAN 5, SMAN 13 dan SMA IT UKhuwah Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan, setelah itu penulis melakukan pengecekan keabsahan data terhadap penerapan pembelajaran PAI dan BP di sekolah penggerak menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan data ke dalam bentuk kalimat atau uraian sehingga terlihat jelas. Hasil dari penelitian ini dalam penerapan pembelajaran PAI dan BP Pada sekolah penggerak di Kota Banjarmasin terkait Untuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran PAI dan BP, guru berusaha mengembangkan diri dengan terus belajar dan memahami istilah-istilah baru yang ada pada kurikulum tersebut sehingga dalam perencanaan dan pelaksanaan guru menyiapkan alur tujuan pembelajaran, modul ajar,tujuan pembelajaran, dan juga untuk evaluasi guru menggunakan asesmen sumatif dan formatif dalam penilaian, sedangkan untuk memetakan kebutuhan belajar peserta didik, menentukan strategi dan alat penilaian serta menentukan kegiatan belajar berdiferensiasi yang akan dilaksanakan guru menyesuaikan dengan kondisi peserta didik serta materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:05
Last Modified: 21 Aug 2023 02:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24873

Actions (login required)

View Item View Item