EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik pada Program Keahlian Perhotelan di SMK NU Banjarmasin

Allysa, Allysa (2023) Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik pada Program Keahlian Perhotelan di SMK NU Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan bagian terpadu dari Sistem Pendidikan Nasional yang mempunyai peranan penting dalam menyiapkan dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Keberadaan SMK swasta saat ini menjadi pilihan kedua dalam proses pendidikan. Sebab adanya persaingan sekolah negeri dengan fasilitas lebih memadai menyebabkan penurunan jumlah peserta didik di SMK NU Banjarmasin terkhususnya pada program keahlian perhotelan. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya dalam meningkatkan jumlah peserta didik pada program keahlian perhotelan di SMK NU Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di SMK NU Banjarmasin. Sumber data dalam penelitian diambil dalam dua kategori, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisa data dilakukan dengan metode model miles & hubermen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik pada program keahlian perhotelan di SMK NU Banjarmasin yaitu 1. Perencanaan pemasaran yang dimulai melalui rapat koordinasi yang kemudian terbentuk panitia serta perumusan strategi pemasaran yang digunakan melalui analisis internal dengan memperhatikan daya tampung kelas dan peraturan menteri pendidikan dan eksternal; 2. Pelaksanaan pemasaran yang dilakukan beragam yaitu strategi pemasaran online, pemasaran, menjalin kerja sama, branding school, dan update kegiatan. semua strategi saling terhubung dan berkaitan. Pelaksanaan strategi memanfaatkan jalur reguler dan jalur prestasi dengan potongan biaya; 3. Evaluasi dilakukan setelah berakhirnya penerimaan peserta didik baru dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas peserta didik baru di SMK NU Banjarmasin. Evaluasi menggunakan tolak ukur peserta didik yang direncanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 13 Oct 2023 22:01
Last Modified: 13 Oct 2023 22:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24992

Actions (login required)

View Item View Item