EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan LKPD Berbasis STEM-PjBL Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Hukum III Newton

Shifa, Choiruna (2023) Penggunaan LKPD Berbasis STEM-PjBL Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Hukum III Newton. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Keaslian tulisan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
2. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (672kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
10. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (108kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak pernah dilakukan pengukuran terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu, pembelajaran yang terjadi hanya satu arah dengan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Kegiatan pembelajaran terbatas pada mencatat dan mendengarkan, jarang dilakukan praktek secara langsung di lapangan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan LKPD berbasis STEM-PjBL dan mengetahui kemampuan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah mengunakan LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi Hukum III Newton. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed-method, yaitu penelitian yang menggabungkan dua bentuk pendekatan, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan strategi yang digunakan adalah sequential exploratory, yaitu kombinasi bertahap yang dimulai dengan penelitian kualitatif kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif. Data pada penelitian ini adalah pelaksanan pembelajaran STEM-PjBL dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan sumber data berasal dari guru dan peserta didik kelas X MA Al-Hamid. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran STEM-PjBL dan angket penilaian kemampuan berpikir kreatif. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi Hukum III Newton yang terdiri dari lima tahapan, yaitu reflection, research, discovery, application dan communication sudah terlaksana sesuai dengan tahapan yang ada pada indikator, dengan presentase skala keterlaksanaan pembelajaran sebesar 73,67% dengan kategori sesuai. Adapun kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis STEM-PjBL pada materi Hukum III Newton termasuk ke dalam kategori “kreatif” dengan presentase rata-rata sebesar 83,07%. Adapun presentase rata-rata dari masing-masing indikator berpikir kreatif yakni fluency 63,9% kategori cukup, flexibility 85,16% kategori baik, originality 88,33% kategori baik dan elaboration 87,5% kategori baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 Oct 2023 05:27
Last Modified: 19 Oct 2023 05:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item