EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri Kabupaten Kapuas

Baiti, Nurul (2023) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi pada Kurikulum 2013 di SMP Negeri Kabupaten Kapuas. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. Pernyataan.pdf

Download (109kB)
[img] Text
2. Awalan.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (305kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis literasi pada kurikulum 2013 didasarkan pada kenyatan bahwa kemampuan literasi siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang masih konvensional dan tidak dimanfaatkannya secara optimal. Bahan ajar berbasis literasi diharapkan mampu menambah kemampuan siswa dalam literasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena di dalamnya memadukan materi dalam bentuk teks, gambar dan cerita seta materi yang lebih luas sehingga menjadikan pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis Bahan ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi pada Kurikulum 2013 yang digunakan saat ini di SMPN Kabupaten Kapuas, (2) Untuk mendeskripsikan Desain Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi pada Kurikulum 2013 yang digunakan saat ini di SMPN Kabupaten Kapuas; (3) Untuk mengetahui Pendapat siswa kelas VII mengenai pembelajaran PAI yang menggunakan Pendidikan Agama Islam Berbasis Literasi pada Kurikulum 2013 yang digunakan saat ini di SMPN Kabupaten Kapuas. Jenis Penelitia ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaif menggunakan metode Research and Development dengan Model ADDIE. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini merupakan siswa kelas VII SMPN 1 Dadahup, SMPN 1 Kapuas Murung, SMPN 2 Kapuas Murung; Uji coba ini digunakan untuk pengumpulan data dalam rangka mengetahui tingkat kevalidan modul pembelajaran yang dikembangkan. Proses pengembangan bahan ajar PAI berbasis Literasi pada kurikulum 2013 terdiri dari tahapan analisis materi buku paket kurikulum 2013, desain dengan merancang bahan ajar berbentuk modul, pengembangan bahan ajar yang sudah didesain untuk dijadikan satu modul baru dengan tambahan dan cakupan materi yang lebih luas, uji coba ahli dalam pembuatan modul, evaluasi yang diberikan dengan memberikan tanggapan kepada siswa tentang modul ajar, dan revisi. Hasil pengembangan bahan ajar PAI berbasis Literasi pada kurikulum 2013 memenuhi kriteria kelayakan dari data yang menunjukkan bahwa layak untuk digunakan, terbukti dengan skor penilaian oleh ahli materi dan ahli bahan ajar pada aspek pembelajaran dan isi dengan jumlah skor 67 atau sebesar 2,925 dan 3,672 dengan kategori layak. Berdasarkan dari hasil penilaian siswa kelas VII di 3 SMP pada aspek Kelayakan Isi, Penyajian Materi, Grafik, Kebahasaan dengan skor 2194 atau sebesar 4,571 dengan kategori layak. Dengan demikian, bahan ajar PAI berbasis literasi pada kurikulum 2013 ini layak digunakan sebagai modul pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 27 Oct 2023 00:48
Last Modified: 27 Oct 2023 00:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25175

Actions (login required)

View Item View Item