EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Budaya Mutu pada Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus pada Sdit Robbani Banjarbaru dan SDIT Alfirdaus Banjarmasin)

Alawiyah, Nur (2023) Budaya Mutu pada Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus pada Sdit Robbani Banjarbaru dan SDIT Alfirdaus Banjarmasin). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
AWAL ALAWIYAH.pdf

Download (882kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi upaya sekolah dalam memahami budaya mutu sekolah dan pengembangannya, terkait siapa saja pe;opor (actors) yang dapat memberikan solusi, kegiatan-kegiatan (activities) apa yang mereka lakukan dan dimana (place) kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan . Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang dilanjutkan dengan menganalisis data, pengecekan analisis data, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka ditentukan kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : Upaya menumbuhkan budaya mutu di SDIT Robbani Banjarbaru dimana program-program yang disusun oleh SDIT Robbani seperti kegiatan rutin seperti pembiasaan sholat dhuha, doa harian, hafalan dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan program pilihan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat anak. Untuk SDIT Al-Firdaus Banjarmasin dimana SDIT Al-Firdaus memiliki program yang berisi perencanaan yang dirapatkan terlebih dahulu oleh dewan guru sebelum diterapkan pada siswa. Dan setiap kegiatan sebagai bentuk Upaya budaya mutu dilakukan rapat dengan orang tua. Implementasi budaya mutu di SDIT Robbani Banjarbaru yang dilakukan adalah melakukan kerja sama dengan dewan guru, komite sekolah dan orang tua siswa untuk melakukan perbaikan budaya mutu pendidikan, sekolah melakukan upaya pembinaan dan pengembangan terhadap guru maupun staf. Implementasi yang dilakukan di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin dimana Sekolah bekerja sama dgn dewan guru pada saat rapat kerja yang dilakukan setiap awal tahun pembelajaran dan pada saat pelaksanaan disetiap harinya komite sekolah pada saat rapat komite bersama tim manajemen sekolah, atau pertemuan nonformal di luar pertemuan komite sekolah dan orangtua. Sistem evaluasi yang dilakukan di SDIT Robbani Banjarbaru, sekolah mengupayakan sistem komunikasi efektif kepada pihak bawahan. Monitoring dan evaluasi tetap harus dilakukan agar program sekolah berjalan lancar namun tetap menerapkan komunikasi supaya pegawai paham mengapa harus dilakukan monitoring dan evaluasi. Melalui supervisi pembelajaran dan rapat rutin evaluasi, Evaluasi SDIT Al-Firdaus Banjarmasin fokus pada evaluasi tentang prestasi siswa, untuk prestasi siswa mereka semua luar biasa dan unggul dibidangnya masing-masing, untuk dari segi Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:24
Last Modified: 01 Nov 2023 00:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25220

Actions (login required)

View Item View Item