EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kepemimpinan Kiai dalam Transformasi Pondok Pesantren Studi pada Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Jawa Timur

Hidayatullah, Arisandi (2023) Kepemimpinan Kiai dalam Transformasi Pondok Pesantren Studi pada Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Jawa Timur. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Cover Tesis Arisandi Hidayatullah.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Latar belakang dilakukannya peneliatian ini adalah adanya transformasi kepemimpinan di Pondok Pesantren Al-Ishlah disebabkan oleh Perubahan zaman yang membawa perubahan dalam kebutuhan pendidikan. Untuk tetap relevan dan dapat bersaing dengan pendidikan modern, dan untuk terus berupaya melakukan perbaikan maka, pondok pesantren harus melakukan transformasi untuk menggabungkan pendidikan agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis tranformasi yang dilakukan Kiai dalam memimpin pondok pesantren Al-Ishlah. Dan menjelaskan periodesasi transformasi pondok pesantren oleh Kiai dalam memimpin pondok pesantren Al-Ishlah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah staf humas dan guru pondok pesantren AlIshlah Bondowoso, sedangkan objek penelitiannya adalah Transfomasi Kepemimpinan. Teknik analisa datanya menggunakan reduksi data, penyajian data serta melakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitan ini adalah : (1) Terdiri dari tiga aspek transformasi yang dilakukan oleh Al-Ishlah dalam melakukan perubahan dari Mifatahul Ulum: pada aspek kelembagaan, aspek kurikulum dan aspek pembelajaran. Lembaga ini didirikan pada tahun 1970 yang hingga saat ini masih terus melakukan berbagai macam perubahan perbaikan. (2) Periodesasi transformasi pondok pesantren yang dilakukan oleh Kiai dalam memimpin pondok pesantren Al-Ishlah terdiri 2 pimpinan yaitu KH.Ma’sum yang merupakan pendiri dan memimpin hingga tahun 2018 yang selanjutnya kepemimpinan diteruskan oleh putranya KH.Thoha hingga saat ini. Masa pesantren salaf berakhir pada tahun 1974, bertransformasi pada pondok pesantren Khalaf hingga saat ini. Pada tiap periode kepemimpinan masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:42
Last Modified: 06 Dec 2023 01:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25357

Actions (login required)

View Item View Item