EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Literasi Budaya Al-Qur’an pada Anak di Masjid Rahmat Kelurahan Berangas

Noor, Achmad Sugian (2023) Penerapan Literasi Budaya Al-Qur’an pada Anak di Masjid Rahmat Kelurahan Berangas. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (449kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Literasi budaya Al-Qur’an salah satu langkah akseleratif dan sistematis dalam menumbuhkembangkan anak dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an. Adapun tiga aspek penting dalam literasi budaya Al-Qur’an yaitu membaca, menulis dan menghafal yang bertujuan agar anak-anak semakin semangat belajar membaca AlQur’an dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan literasi budaya AlQur’an pada anak di Masjid Rahmat Kelurahan Berangas, kemudian faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan literasi budaya Al-Qur’an pada anak di Masjid Rahmat Kelurahan Berangas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam penerapan literasi budaya Al-Qur’an pengajar menggunakan tiga aspek utama yaitu membaca, menulis, dan menghafal serta menggunakan 2 metode yaitu metode Iqra dan tartil. (2) Pada pelaksanaanya di bagi beberapa tahap. Tahap pertama mereka belajar membaca dengan menggunakan buku Iqra dari jilid 1-6, tahap kedua setelah di jilid 2 mereka baru diperbolehkan untuk menulis materi yang diajarkan, tahap ketiga setelah mereka menulis materi yang diajarkan anak-anak ini akan menghafalkan materi tersebut untuk bekal merek dikehidupan sehari-hari. (3) Faktor pendukung: adanya kemauan yang kuat dari anak-anak, mempunyai pengajar yang berkompeten dalam membaca Al-Qur’an baik dari segi tajwid maupun tartilnya, lingkungan yang mendukung anak-anak dalam belajar membaca Al-Qur’an baik berupa dukungan masyarakat maupun orang tuanya, sarana dan prasarana yang mendukung anakanak dalam belajar. (4) Faktor penghambat: turun naiknya semangat anak sewaktuwaktu dalam belajar membaca Al-Qur’an, kurangnya jumlah tenaga pengajar yang berakibat terhambatnya proses belajar, sarana dan prasarana yang masih belum lengkap dan memadai baik berupa rehal, buku Iqra, maupun Al-Qur’an nya, upah pengajar yang tidak ada membuat beberapa orang enggan untuk jadi pengajar di Masjid Rahmat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Nov 2023 10:09
Last Modified: 28 Nov 2023 10:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25390

Actions (login required)

View Item View Item