EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Epistemologi Adab Menuntut Ilmu (Tela’ah Kitab Alā Lā Tanāl Al-‘Ilma Illā Bi Sittah)

Suryani, Poppy Ayu (2023) Epistemologi Adab Menuntut Ilmu (Tela’ah Kitab Alā Lā Tanāl Al-‘Ilma Illā Bi Sittah). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Derasnya arus globalisasi dan masyarakat yang semakin modern membuat banyak anak bangsa ini menjadi generasi yang dilanda krisis moral karena nilainilai moral dan pembentukan karakter tidak ditanamkan sejak dini. Alih-alih memanfaatkan secara positif, adanya teknologi yang semakin maju sebagian orang justru memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang pemenuhan keinginannya dalam arti negatif, dan disinilah kehancuran moral bangsa dimulai. Penelitian ini dilakukan dengan melatarbelakangi adab dalam menuntut ilmu. Masalah Pendidikan adab/akhlak bukanlah hal baru, akan tetapi sudah menjadi topik di kalangan ulama bertahun-tahun yang lalu di antaranya terdapat dalam pembahasan kitab Alā Lā Tanāl al-‘Ilma Illā Bi Sittah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis Epistemologi Adab Menuntut Ilmu yang terdapat di dalam kitab Alā Lā Tanāl al- ‘Ilma Illā Bi Sittah, menjabarkan point-point yang menekankan hakekat Adab dalam proses menuntut ilmu. Penelitian ini berjenis penelitian Kepustakaan (Library research), Pendekatan yang di pakai dalam peneletian ini adalah pendekatan kualitatif, yang menekankan pada analisis proses berpikir induktif terkait dengan dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dilakukan dengan mengumpulkan data yang mendalam dan selalu menggunakan logika ilmiah. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan pendekqatan filsafat Epistemologi, dimana peneliti menganalisis hakikat nilai adab menuntut ilmu yang terdapat di dalam kitab Alā Lā Tanāl al-‘Ilma Illā Bi Sittah. Hasil yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwasanya Epistemologi Adab Menuntut Ilmu yang dimaksud di sini ialah hakikat dasar dasar adab yang harus diterapkan ketika menuntut ilmu, yang harus menjadi pedoman yang tertanam dalam diri pesrta didik ketika menimbah ilmu. hakikat dari syarat menuntut ilmu, hakikat cara mencari teman dan adab bermasyarakat, hakikat keutamaan ilmu dan orang yang berilmu, hakikat metode mencari ilmu, hakikat dari bahaya ahli ibadah tanpa ilmu, hakikat dari motivasi kerja keras dalam belajar, hakikat jangan banyak bicara dan bahaya lisan, hakikat dari menghormati guru. hakikat menjaga nafsu, hakikat dari tidak menyia-nyiakan waktu, hakikat dari keutamaan merantau guna mencari ilmu. yang tidak lain penerapan dari hakikat hakikat tersebut supaya menjadi patokan setiap insan yang berproses dalam menuntut ilmu agar mendapatkan ilmu yang manfaat serta barokah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Jan 2024 05:55
Last Modified: 11 Jan 2024 05:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25671

Actions (login required)

View Item View Item