EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Edukatif dalam Kegiatan Keagamaan di SMPN 2 Kertak Hanyar

Ahyani, Laily (2023) Nilai-Nilai Edukatif dalam Kegiatan Keagamaan di SMPN 2 Kertak Hanyar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (176kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Saat ini banyak sekali lembaga pendidikan yang memperdalam materi agama agar siswa dapat menjadi generasi bangsa yang memiliki karakter yang baik sehingga terhindar dari kemerosotan moral. Faktor yang mendominasi terjadinya kemerosotan moral dikalangan pelajar ialah kurangnya pemahaman terhadap nilainilai dalam kehidupan, semakin hilangnya loyalitas terhadap agama Islam maka semakin deras arus pergeseran moral yang terjadi di masyarakat maupun di sekolah. Sehubungan hal itu, dengan adanya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah dapat menjadikan perilaku siswa menjadi lebih baik melalui nilai pendidikan berdasarkan syari’at Islam. Berdasarkan fokus penelitian pelaksanaan dan nilai-nilai edukatif dalam kegiatan keagamaan di SMPN 2 Kertak Hanyar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan keagamaan dan nilai-nilai edukatif dalam kegiatan keagamaan di SMPN 2 Kertak Hanyar. Penelitian ini berfokus pada tiga nilai utama yaitu keimanan, ibadah dan muamalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 orang guru PAI dan 12 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan kegiatan keagamaan dan nilai-nilai edukatif dalam kegiatan keagamaan di SMPN 2 Kertak Hanyar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMPN 2 Kertak Hanyar terdapat kegiatan harian yaitu pembacaan juz ‘amma dan shalat zuhur berjama’ah. Serta kegiatan mingguan yaitu jum’at taqwa dan jum’at infaq. Nilai-nilai edukatif dalam kegiatan pembacaan juz ‘amma terdapat nilai keimanan berupa keyakinan pada kitab Allah sebagai petunjuk, nilai ibadah berupa membaca do’a dan membaca al-Qur’an. Serta terdapat nilai muamalah berupa silaturrahmi dan saling mendo’akan. Pada kegiatan shalat zuhur berjama’ah terdapat nilai keimanan yaitu ketaatan terhadap perintah Allah Swt, nilai ibadah berupa shalat, dzikir, dan do’a. Serta nilai muamalah berupa ukhuwah islamiyah. Pada Kegiatan jum’at taqwa terdapat nilai keimanan meyakini Rasul Allah dengan bukti cinta kepada Rasulullah Saw, nilai ibadah berupa membaca yasin dan membaca syair habsyi. Serta terdapat nilai muamalah berupa silaturrahmi. Pada kegiatan jum’at infaq terdapat nilai keimanan yaitu meyakini bahwa dengan berinfaq membawa kebaikan, nilai ibadah berupa infaq sedekah. Serta nilai muamalah berupa solidaritas antar siswa dan kepedulian terhadap sesama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Jan 2024 11:36
Last Modified: 12 Jan 2024 11:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item