EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemberian Makanan Sehat di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal UIN Antasari Banjarmasin

Ananda, Tri (2023) Pemberian Makanan Sehat di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
idr keaslian tulisan.pdf

Download (202kB)
[img] Text
idr Awall.pdf

Download (1MB)
[img] Text
idr abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text
idr BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
idr BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
idr BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
idr BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
idr BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
idr DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
idr LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pertumbuhan anak usia dini sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak. Anak pada masa sekolah sedang dalam masa perkembangan yang sangat signifikan, di masa ini mereka diberi stimulus mempunyai karakter mandiri dan menyesuaikan dengan lingkungan, pemenuhan kemampuan dan perkembangan anak membutuhkan fisik yang sehat, maka perlu ditunjang oleh keadaan gizi yang baik. Dapat diketahui bahwa asupan gizi bagi anak adalah salah satu elemen penting dalam proses pemberian makanan yang sehat pada anak usia dini. Anak dengan asupan gizi seimbang lebih banyak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, asupan nutrisi seimbang akan membuat anak tumbuh sehat dan cerdas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pemberian makan sehat pada anak usia dini di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal UIN Antasari Banjarmasin, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian makan sehat pada anak usia dini. Subjek untuk penelitian ini 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru, dan 2 orang juru masak di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal UIN Antasari Banjarmasin. Sedangkan objek penelitian ini adalah pemberian makan sehat pada anak usia dini di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal UIN Antasari Banjarmasin pada kelompok TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yag digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data Miles and Hubermen dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data (triangulasi data). Berdasarkan hasil penelitian, pemberian makan sehat pada anak usia dini di PAUD Terpadu Tarbiyatul Athfal UIN Antasari Banjarmasin merupakan suatu program yang diadakan setiap hari hari, anak diberikan makanan berat dan ringan yang telah memenuhi syarat makanan bagi anak usia dini. Pemberian makan sehat ini diperlukan perencanaan yang matang sebelum dilaksanakan kegiatan pemberian makan sehat ini kepada anak. Melalui kegiatan ini anak-anak mulai mengenal dan terbiasa untuk memakan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, ada pula faktor yang mempengaruhi pemberian makan pada anak yaitu ketertarikan anak terhadap makanan, alergi terhadap makanan dan kerjasama sekolah dan orangtua.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Jan 2024 00:05
Last Modified: 16 Jan 2024 00:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25733

Actions (login required)

View Item View Item