EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin

Fatimah, Fatimah (2024) Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (82kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin menjadi sarana bagi pemustaka dalam menemukan informasi terutama bagi civitas akademik, salah satunya mahasiswa. Dalam meningkatkan literasi mahasiswa diperlukan peran yang dapat mendukung literasi informasi di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pustakawan dalam meningkatkan literasi mahasiswa dan mengetahui kendala-kendala yang dirasakan dalam meningkatkan literasi mahasiswa di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitiatif deskriptif. Adapun objek penelitiannya yakni peran pustakawan pustakawan dalam meningkatkan literasi mahasiswa di Perpustakaan UIN Antasari, sedangkan subjek penelitiannya adalah pustakawan dan mahasiswa di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakantiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data melalui uji keabsahan data yang dilakukan dengan pemeriksaan ulang data di lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan dari data yang diperoleh adalah berdasarkan keempat peran yang diterapkan menunjukkan bahwa diantara peran yang dapat membuat pustakawan berupaya sebagai fasilitor utama dalam meningkatkan literasi informasi mahasiswa di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin ialah peran edukator dengan cara yaitu adanya kemudahan akses digital terhadap sumber daya informasi, pelatihan literasi informasi, panduan pengenalan literasi, promosi literasi informasi dan kerjasama antara dosen dengan pustakawan. Beberapa kegiatan literasi informasi diantaranya bedah buku, library tour dan workshop atau seminar minat membaca. Adapun kendala-kendalanya adalah sumber daya manusia atau tenaga ahli pustakawan, perlunya sarana dan prasarana, sumber daya finansial yang memadai, dan kesadaran pentingnya literasi informasi bagi mahasiswa itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:50
Last Modified: 26 Jan 2024 02:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26022

Actions (login required)

View Item View Item