EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an pada SMP Islam Terpadu di Kalimantan Selatan

Khairani, Khairani (2023) Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an pada SMP Islam Terpadu di Kalimantan Selatan. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Kurikulum pembelajaran Al-Qur’an pada SMP Islam Terpadu memerlukan pengembangan kurikulum yang menyesuaikan dengan perkembangan kurikulum saat ini, sehingga pembelajaran Al-Qur’an tidak tertinggal dari sisi pengembangan kurikulum maupun komponen pembelajaran lainnya. Pembelajaran Al-Qur’an sebagai kurikulum muatan kekhasan SMP Islam Terpadu menjadi suatu potensi yang besar apabila dikelola dengan baik sesuai dengan perkembangan kurikulum yang ada. Menghadirkan kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan kurikulum terkini, mewujudkan kesinambungan pembelajaran Al-Qur’an dari jenjang SD ke SMP, dan dari SMP ke SMA pada Sekolah Islam Terpadu dalam sebuah rangkaian capaian pembelajaran yang utuh menyeluruh untuk melahirkan profil pelajar Qur’ani yang mampu membaca, menghafal dan memahami Al-Qur’an menjadi solusi dari potensi yang dimiliki. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang layak dan efektif untuk diimplementasikan pada SMP Islam Terpadu di Kalimantan Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yaitu menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk lama dengan menggunakan Research and Development (RnD) Borg & Gall dengan 10 langkahnya dan pendekatan pengembangan kurikulum Understanding by Design (UbD) Wiggnis & Tighe dengan 3 langkah Backward Designnya. Hasil penelitian ini adalah: (1) kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang dikembangkan terdiri dari capaian pembelajaran Al-Qur’an, tujuan pembelajaran Al-Qur’an, alur tujuan pembelajaran Al-Qur’an, rencana pembelajaran Al�Qur’an, dan struktur kurikulum pembelajaran Al-Qur’an, yang dilengkapi dengan panduan tertulis, video penjelasan, dan video tutorial, dan tautan aplikasi yang menghimpun semua produk pengembangan kurikulum pembelajaran Al-Qur’an ini. (2) kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang dikembangkan ini berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi dengan kategori kelayakan sangat tinggi (3) kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang dikembangkan ini berdasarkan hasil uji lapangan terbatas, uji lapangan luas, dan uji lapangan operasional yang telah dilakukan, sangat efektif untuk diimplementasikan oleh pendidik dan satuan pendidikan. Hasil dari pengembangan kurikulum pembelajaran Al-Qur’an ini telah dilakukan diseminasi dan implementasi di tingkat lokal, regional, dan nasional melalui kegiatan webinar nasional.

Item Type: Disertasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr mahyudin S.IPust
Date Deposited: 29 Jan 2024 12:05
Last Modified: 29 Jan 2024 12:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26081

Actions (login required)

View Item View Item