EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Profesionalitas Guru di Sekolah Islam Swasta Banjarbaru (Studi Multi Situs di SDIT Robbani, SDIT Babul Jannah, dan SDIT Nurul Fikri Banjarbaru)

Nina, Arifa (2023) Pengembangan Profesionalitas Guru di Sekolah Islam Swasta Banjarbaru (Studi Multi Situs di SDIT Robbani, SDIT Babul Jannah, dan SDIT Nurul Fikri Banjarbaru). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (54kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (796kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (602kB)

ABSTRAK

Pengembangan profesionalitas guru merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan organisasi, agar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan mereka sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang dilakukan dengan mengikuti berbagai bentuk pelatihan atau pengembangan. Penelitian ini difokuskan pada aspek analisis kebutuhan pengembangan profesionalitas guru, desain program pengembangan profesionalitas guru, proses mengembangkan program pengembangan profesionalitas guru, proses pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru, dan proses mengevaluasi program pengembangan profesionalitas guru di SDIT Robbani, SDIT Babul Jannah, dan SDIT Nurul Fikri Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah pengembangan profesionalitas guru di SDIT Robbani, SDIT Babul Jannah, dan SDIT Nurul Fikri Banjarbaru, dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan Guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu melakukan analisis data dengan menggunakan cara mereduksi data, menyajikan data, hingga pada tahap kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) analisis kebutuhan pengembangan profesionalitas guru di SDIT Robbani, SDIT Babul Jannah, dan SDIT Nurul Fikri Banjarbaru dilakukan dengan penilaian kinerja guru dari ajaran tahun sebelumnya. 2) Pada desain pengembangan profesionalitas guru dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu menetapkan tujuan, metode penyampaian dan evaluasi program. 3) Proses mengembangkan program pengembangan profesionalitas guru mempertimbangkan kebutuhan guru baik berupa materi yang dibutuhkan. 4) Proses pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru berupa program internal dan eksternal yang dilaksanakan di setiap sekolah seperti pelatihan yang dilaksanakan oleh sekolah dan pengembangan profesionalitas yang dilaksanakan di luar sekolah, dan 5) mengevaluasi program pengembangan profesionalitas guru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku dan hasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:36
Last Modified: 25 Mar 2024 04:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26297

Actions (login required)

View Item View Item