EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konseling individual dalam Mengatasi Peserta Didik yang Mengalami Homesick di MAN Insan Cendekia Tanah Laut

Dalila, Humairah (2024) Konseling individual dalam Mengatasi Peserta Didik yang Mengalami Homesick di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
AWAL (1).pdf

Download (554kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (812kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

MAN Insan Cendekia Tanah Laut salah satu sekolah yang menerapkan sistem boarding school, mengharuskan peserta didik dan guru untuk menetap di lingkungan sekolah dengan kurun waktu tertentu. Ketika peserta didik itu tidak mampu beradaptasi akan mengkibatkan gangguan fisik ataupun psikis bahkan bisa juga mengakibatkan depresi. Peserta didik merasa tidaknyaman di lingkungan barunya bisa disebut sebagai gejala dari kondisi homesick. Sehingga peran guru BK sangat diperlukan untuk memberikan dorongan kepada peserta didik supaya dapat lebih nyaman dengan keadaan lingkungan barunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan konseling individual dalam mengatasi peserta didik yang mengalami homesick di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskreptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada peserta didik dan guru BK, observasi serta dokumentasi sebagai fasilitasi penunjang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Sekaligus memvalidasi data dengan teknik triangulasi data untuk memperkuat keabsahan data. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dalam upaya mengatasi masalah homesick guru BK memberikan bantuan melalui konseling individual. Konseling individual yang diberikan melalui 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, kegiatan perencanaan mulai dari identifikasi peserta didik sampai pembuatan RPL meliputi perjanjian waktu dan tempat pertemuan. Pelaksanaan, terbagi menjadi tiga tahap mulai dari membangun hubungan baik, menjelajahi masalah dan sampai pada memastikan peserta didik melakukan perubahan ke raha yang positif. Evaluasi, dengan adanya penurunan kecemasan pada peserta didik dan kegiatan tindak lanjut, melakukan kegiatan follow up perkembangan peserta didik bekerja sama dengan pembina asrama, wali kelas, guru asuh dan orang tua. Menggunakan teknik pendekatan SFBT (Solution Focus Brief Therapy) yaitu, memfokuskan pada penyelesaian masalah yang sedang dialami oleh peseta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: mr Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 16 Apr 2024 03:51
Last Modified: 16 Apr 2024 03:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26428

Actions (login required)

View Item View Item