EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Terhadap Siswa SMAN 1 Juai Kabupaten Balangan

Noorlina, Noorlina (2024) Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Terhadap Siswa SMAN 1 Juai Kabupaten Balangan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (971kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (625kB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca. Peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa SMAN 1 Juai adalah dengan memberikan pelayanan dan pengarahan seperti memperhatikan dalam aspek pengelolaan ruang baca, aspek koleksi buku, dan aspek proses peminjam.Selain itu pustakawan melakukan bekerjasama dengan guru bidang studi dalam menunjang minat baca siswa,melakukan promosi perpustakaan untuk menarik siswa agar berkunjung ke perpustakaan, memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi dalam literasi, memberikan penyuluhan manfaat perpustakaan untuk merangsang minat baca siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa SMAN 1 Juai Tahun Ajaran 2023/2024 dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa SMAN 1 Juai Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan tahapan melalui penyajian data, dan stelah itu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca terhadap siswa SMAN 1 Juai yaitu : memberikan pelayan kepada siswa untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, melakukan strategi kegiatan untuk menumbuhkan minat baca siswa seperti : memanfaatkan perpustakaan sebagai kegiatan belajar mengajar, memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi dalam literasi, melakukan promosi perpustakaan, serta memberikan penyuluhan manfaat perpustakaan kepada siswa. Kemudian faktor pendukung dalam peran pustakawan terhadap siswa SMAN 1 Juai yaitu : fasilitas yang menunjang dalam kegiatan proses pembelajaran di perpustakaan, pelayanan yang ramah , serta dukungan dari pihak sekolah untuk menumbuhkan minat baca siswa.Sedangkan faktor penghambat peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa SMAN 1 Juai yaitu: kurangnya tenaga pengelolaan perpustakaan, kurangnya dana untuk melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan yang masih kurang, serta ruangan yang kurang memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 20 Jun 2024 07:21
Last Modified: 20 Jun 2024 07:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26758

Actions (login required)

View Item View Item