EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Program Penghafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Haramain Pekapuran Kota Banjarmasin

Nurhaliza, Nida (2024) Program Penghafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Haramain Pekapuran Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (968kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (461kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah realita dimana para penghafal kerap mendapatkan beberapa tantangan dalam menghafal Al-Qur’an, yang mana tantangan itu berasal dari dua aspek dominan, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Banyak di antara para penghafal terhambat masalah motivasi yang kurang sehingga muncul perilaku malas, sikap mudah jenuh, hingga mengurangi ketekunan dalam menghafal, selain itu daya ingat yang relative juga menjadi salah satu tantangan di antara beberapa penghafal Al-Qur’an. Para penghafal Al-Qur’an juga sangat bergantung pada kondisi lingkungan tempat menghafal, situasi yang kondusif tentu membantu penghafal Al-Qur’an dapat menghafal dengan baik. Di antara yang dapat menjadi contoh dalam penerapan yang baik dalam proses menghafal Al-Qur’an adalah pondok Tahfidz al-Haramain, di lokasi ini terdapat sebuah upaya yang mendukung para penghafal dalam menghafal dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana program penghafalan Al-Qur’an pada siswa Tahfidz al-Haramain Pekapuran Kota Banjarmasin, sekaligus menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses Hafalan Al-Qur’an siswa Tahfdiz al-Haramain yang dibagi ke dalam dua perspektif, perspektif ustadz dan perspektif santri. Adapun jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperlukan berupa data pokok yang didapatkan dari subjek utama yaitu santriwati yang memiliki hafalan sebanyak 3 Juz dan tinggal di asrama sebanyak 7 orang dan 4 orang ustadz/ustadzah. Dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dikumpulan. data akan diolah melalui tahapan reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz di Rumah Tahfidz Al-Haramain mencakup unsur-unsur seperti tujuan, pengajar, siswa, materi, metode dan evaluasi Untuk faktor pendukung dan penghambat terdiri dari faktor internal yang mana dalam hal ini kesemua santri sepakat bahwa faktor yang memotivasi untuk menghafal Al-Qur’an adalah orang tua dan faktor yang menghambat yang mengalami adalah 6 dari 7 santri yakni ada pada diri mereka sendiri, Sementara, faktor eksternal pendukung ialah, orang tua, lingkungan, bimbingan ustadz dan fasilitas yang mendukung. Begitupun faktor eksternal penghambat karena lingkungan dan pengaruh serta kesibukan dari luar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 21 Jun 2024 08:07
Last Modified: 21 Jun 2024 08:07
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26784

Actions (login required)

View Item View Item