EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembentukan Karakter Percaya Diridalam Kegiatan Pentas Seni di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banjarmasin

Julian, Hervina (2024) Pembentukan Karakter Percaya Diridalam Kegiatan Pentas Seni di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kesadaran siswa akan potensi yang dimilikinya dan bingung menentukan potensi yang mereka miliki karena tidak percaya diri dengan potensinya. Pembentukan karakter harus dilakukan di sekolah-sekolah dengan tujuan terbentuknya karakter yang positif, termasuk karakter percaya diri. Pembentukan karakter ini dapat dilakukan melalui peran dalam kesadaran potensi siswa agar lebih percaya diri di depan umum. Pembentukan karakter percaya diri siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banjarmasin yang diwujudkan dalam kegiatan pentas seni. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter percaya diri dalam kegiatan pentas seni di MAN 3 Banjarmasin. Jenis peneltiian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek peneltiian ini yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dua guru, dan 6 siswa. Objek penelitian ini adalah pembentukan karakter percaya diri siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat dari pembentukan karakter tersebut. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data peneltiian ini ada pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil yang didapatkan daru penelitian ini bahwa pembentukan karakter percaya diri siswa di MAN 3 Banjarmasin dalam kegiatan pentas seni. Pembentukan karakter percaya diri itu diperlukannya peran madrasah. Peran madrasah tersebut yaitu, peran kepala madrasah dan peran wakil kepala madrasah sebagai fasilitator dan peran guru sebagai pendidik, pembimbing dan motivator . Faktor pendukung dari peran madrasah tersebut adalah membimbimbing anak-anak dalam persiapan dan penyelenggaraan pentas seni, ada dukungan dari lingkungan sekitar termasuk teman-teman sekelas mereka, adanya program ekstrakulikuler. Adapun faktor penghambat yaitu keterbatasan sumber daya termasuk pendanaan, fasilitas, dan peralatan yang diperlukan untuk mengadakan pertunjukan seni berkualitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:33
Last Modified: 22 Jul 2024 07:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27332

Actions (login required)

View Item View Item