EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanganan Anak Autisme Melalui Terapi Perilaku ABA Di Pondok Terapi Autisma Anak Manis Kota Banjarmasin

Hayati, Husna (2024) Penanganan Anak Autisme Melalui Terapi Perilaku ABA Di Pondok Terapi Autisma Anak Manis Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (987kB)
[img] Text
ABSTRAK (2).pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Autisme adalah gangguan perkembangan saraf yang ditandai dengan hambatan terus-menerus dalam komunikasi dan interaksi sosial, serta pola perilaku, minat, atau aktivitas yang terbatas dan berulang. Penanganan terapi perilaku pada anak autisme dapat didasarkan pada metode ABA, yang bertujuan untuk memahami dan memperbaiki perilaku anak autisme. Terapi perilaku ABA menggunakan pendekatan sistematis, terarah dan terukur sehingga dapat memberikan pengaruh baik terhadap anak autisme dengan mengubah perilakunya menjadi lebih terarah dan juga efektif dalam memberikan konsep pra-akademik serta non akademik seperti mengembangkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresifnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu pemilik terapi, kepala sekolah, 3 orang terapis dan 3 orang anak autisme. Objek penelitiannya yaitu mengenai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat terkait penanganan anak autisme melalui terapi perilaku ABA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman dengan cara melakukan reduksi data, penarikan kesimpulan serta keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian pada penanganan anak autisme melalui terapi perilaku ABA di Pondok Terapi Autisma Anak Manis Kota Banjarmasin, pada perencanaannya terdapat persiapan ruang terapi dan persiapan anak. Adapun dalam tahapan pelaksanaannya terdiri dari perintah, respon, prompt, megurangi prompt dan imbalan. Dalam teknik pelaksanannya terdapat teknik discrate trial training, discrimination training, matching, fading, shaping dan chaining. Pada evaluasinya dilakukan dengan jangka waktu perbulan dengan masing-masing terapis adapun persemester dengan tiga orang terapis berbeda dan dalam waktu yang berbeda. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan penanganan anak autisme melalui terapi perilaku ABA yaitu adanya pedoman penanganan terapi yang tepat, peran dan keterlibatan orang tua, membangun sinergi dengan lingkungan anak dan mengupayakan terpenuhinya intensitas waktu. Sedangkan faktor yang dapat menghambat keberhasilan terapi perilaku ABA adanya pengadaan terapis yang masih sulit, keterbatasan ruang terapi dan tidak ada alat pemantauan, ketidakstabilan kondisi anak serta kurangnya kesadaran dan keterlibatan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:26
Last Modified: 25 Jul 2024 05:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27436

Actions (login required)

View Item View Item