EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Tahsin Alquran di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Banjarmasin

Wahyudi, Muhammad (2024) Pembelajaran Tahsin Alquran di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan komunikasi yang terjadi antara guru dengan santri dengan melibatkan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) pembelajaran tahsin Alquran di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Banjarmasin, dan 2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran tahsin Alquran di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah guru pemegang mata pelajaran tahsin Alquran di kelas VII Madrasah Tsanawiyah, Adapun yang menjadi objek penelitiannya ialah pembelajaran tahsin Alquran di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi teknis analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, validasi dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam mengajarkan tahsin Alquran mencakup; 1) Tujuan pembelajaran, yakni untuk mengenalkan huruf-huruf Alquran kepada santri; 2) Materi yang diberikan diantaranya hukum Nun Mati dan Tanwin, Hukum Mim Mati, Tanda-Tanda Waqof dan Makhorijul Huruf; 3) Metode dan strategi yang digunakan meliputi a) Pembagian kelompok belajar, b) reading aloud, c) ceramah, d) resitasi, e) tanya jawab dan f) permainan (ice breaking). 4) Media yang digunakan berupa Alquran terjemah, buku iqro dan tajwid praktis; 5) Evaluasi dilakukan setiap akhir bulan; 6) Waktu pembelajaran setiap jumat selama 3JP. Adapun untuk faktor pendukungnya ialah: 1) Dari dalam diri santri itu sendiri, 2) Peran guru, 3) Adanya dukungan orangtua, 4) Lingkungan sekolah/kelas yang bersih. Kemudian untuk faktor penghambatnya sendiri terdiri dari, 1) Dari dalam diri santri itu sendiri, 2) ketidakpedulian orangtua, 3) jam belajar yang terbatas, dan 4) Keadaan kelas yang overload jumlahnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 26 Jul 2024 00:41
Last Modified: 26 Jul 2024 00:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27460

Actions (login required)

View Item View Item