EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Metode Bermain Peran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin

Hayati, Mardiah (2019) Penerapan Metode Bermain Peran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (672kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan metode bermain peran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin, dan apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat penerapannya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan seluruh siswa yang berjumlah 14 orang di kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan interpretasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan metode bermain peran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin dari tahap perencanaan sudah terlaksana, guru telah melakukan pengkajian silabus dan membuat RPP terlebih dahulu serta membuat naskah dan proferti sesuai materi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru sudah menerapkan metode bermain tetapi belum maksimal dilihat dari beberapa aspek langkah-langkah ada yang tidak guru laksanakan. Penilaian kepada peserta didik baik itu dengan lisan maupun tertulis juga sudah dilakukan guru pada tahap evaluasi. Faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Siti Mariam Banjarmasin adalah faktor pendukung: yaitu faktor guru yang berlatar belakang pendidikan S1 PAI, pelatihan guru dan pengelolaan kelas yang cukup baik, faktor peserta didik yang mempunyai minat dan perhatian dalam mengikuti pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran, faktor alokasi waktu yang cukup memadai, adapun faktor penghambatnya ialah faktor sarana dan prasarana di sekolah tersebut kurang menunjang jalannya pembelajaran menggunakan metode bermain peran, karena letak kelas V yang berada di atas loteng dapat mengganggu kelas yang berada di bawah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mardiah Mardiah Hayati Mardiah Hayati
Date Deposited: 23 Jul 2019 03:10
Last Modified: 23 Jul 2019 03:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item View Item