EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kemampuan Guru Kelas dalam Menggunakan Media Berbasis Teknologi Informatika di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin

Rahim, Herlisa (2019) Kemampuan Guru Kelas dalam Menggunakan Media Berbasis Teknologi Informatika di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (574kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Keberhasilan suatu bangsa tidak hanya ditentukan oleh kualitas sumber daya alam, tetapi juga ditentukan oleh sumber daya manusia yang berada didalamnya. Seiring dengan perkembangaan zaman yang semakin maju Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai pendukung dalam pembangunan dan pendidikan. Kemampuan guru dalam menggunakan media berbasis teknologi informatika merupakan salah satu cara untuk memenuhi hal tersebut. SD Islam Terpadu Ukhuwah merupakan salah satu sekolah dengan sarana dan prasarana yang mendukung untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru kelas dalam menggunakan media berbasis teknologi informatika di SD Islam terpadu ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menarik kesimpulan secara induktif. Penelitian ini menunjukkan : 1) kemampuan guru kelas dalam menggunakan media berbasis teknologi informatika di SD Islam terpadu ukhuwah Banjarmasin dapat dilihat pada kemampuan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyiapkan siswa, kinerja guru kelas dalam menggunakan media berbasis teknologi informatika di dalam proses pembelajaran, kemampuan guru dalam penguasaan kelas dan manajemen waktu, kemampuan guru dalam mengecek pemahaman siswa dan memberikan umpan balik kepada siswa, sarana dan prasarana yang mendukung guru kelas dalam mengajar menggunakan media berbasis teknologi informatika, dan antusias siswa terhadap guru yang mengajar dengan media berbasis teknologi informatika. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor guru yang pernah mengikuti pelatihan mengajar berbasis teknologi informatika serta pengalaman mengajar yang cukup lama, faktor peserta didik yang memiliki kesiapan dan kemampuan yang baik serta minat dan motivasi tinggi dalam mengikuti pembelajaran serta faktor lingkungan dan sarana prasarana yang mendukung kemampuan guru kelas dalam menggunakan media berbasis teknologi informatika.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Herlisa Herlisa Rahim Herlisa Rahim
Date Deposited: 23 Dec 2019 00:48
Last Modified: 23 Dec 2019 00:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item