EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Korelasi Pembelajaran Fikih Salat Jumat dengan Perilaku Ibadah Salat Jumat Siswa (Studi di MTs Assunniyyah Tambarangan Kabupaten Tapin)

Wati, Melda (2020) Korelasi Pembelajaran Fikih Salat Jumat dengan Perilaku Ibadah Salat Jumat Siswa (Studi di MTs Assunniyyah Tambarangan Kabupaten Tapin). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Pembelajaran fikih adalah suatu kegiatan yang menyangkut pembinaan anak mengenai segi kognitif, afektif dan psikomotorik dalam ilmu syariat islam yang bersifat amaliyah. Salat jum’at adalah salat yang diwajibkan kepada setiap laki-laki muslim (fardhu’ain) yang dewasa. Pembelajaran fikih sangat berpengaruh dalam meningkatkan perilaku ibadah salat jum’at siswa yaitu supaya anak lebih banyak pengetahuannya, lebih berpikir kritis, sistematis obyektif serta terampil dalam mengerjakan kewajibannya dalam saat salat jum’at. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran fikih salat jum’at, perilaku ibadah salat jum’at siswa dan ada tidaknya korelasi yang signifikan antara pembelajaran fikih salat jum’at dengan perilaku ibadah salat jum’at siswa di Mts Assunniyyah Tambarangan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) melalui pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling yaitu siswa laki-laki kelas VII MTs Assunniyyah Tambarangan tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 42 siswa dari jumlah populasi yang di ambil. Berdasarkan analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fikih salat jum’at kelas VII MTs Assunniyyah Tambarangan tergolong dalam klasifikasi sedang diindikasikan dengan nilai rata-rata 59,16 pada interval 41-60. Perilaku ibadah salat jum’at siswa kelas VII MTs Assunniyyah Tambarangan dapat diklasifikasikan dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 88, pada interval 81-100. Dari hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada korelasi yang positif antara pembelajaran fikih salat jum’at dengan perilaku ibadah salat jum’at siswa kelas VII MTs Assunniyyah Tambarangan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil koefisien korelasi product moment yang di dapat r hitung 0,472 > 0,304 r tabel pada taraf signifikansi 5% dan 0,472 > 0,393 pada taraf signifikansi 1%. Maka dengan demikian dapat diketahui bahwa Hipotesis alternatif ( diterima, sedangkan Hipotesis Nihil ( ditolak. Dengan demikian hasil uji analisis dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi yang signifikan antara pembelajaran fikih salat jum’at dengan perilaku ibadah salat jum’at siswa (Studi di MTs Assunniyyah Tambarangan).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Maulida Maulida Fitria Fitria
Date Deposited: 09 Nov 2020 00:48
Last Modified: 09 Nov 2020 00:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item