EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA DESA DAMIT KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT

Maisaroh., Isti (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA DESA DAMIT KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
keaslian tulisan.pdf

Download (57kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (667kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I isti.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II isti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III isti.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV isti.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB V isti.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN ISTI.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi apa yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan strategi pembelajaran Al-Qur’an tersebut di Pondok Pesantren Darul Huda Desa Damit Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun ke lapangan untuk meneliti strategi pembelajaran Al-Qur’an di pondok pesantren Darul Huda desa Damit Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Subjek penelitian ini adalah guru khusus pembelajaran Al-Qur’an dan peserta didik atau santri di pondok pesantren Darul Huda desa Damit Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huda Desa Damit Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut dilaksanakan dengan menggunakan tiga strategi pembelajaran, yaitu klasikal individual, klasikal baca simak dan sorogan. Dalam setiap minggunya santri belajar tentang tajwid dan murotal dengan menggunakan strategi pembelajaran klasikal-individual dan klasikal-baca simak. Sedangkan untuk strategi sorogan atau individu (privat) dalam pembelajaran Al-Qur’an digunakan pada saat mudarasah (sima’ sima’an) dan menyetorkan hafalan Qur’an yang dilakukan hampir setiap hari. Untuk faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi pembelajaran Al- Qur’an di pondok pesantren Darul Huda yaitu adanya guru/ustad yang ikut berperan dalam pembelajaran Al-Qur’an, minat dan motivasi siswa, penerapan metode pembelajaran dari ustad/ustadzah, pengelolaan waktu pembelajaran dan lingkungan pondok pesantren yang nyaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 30 Jul 2021 06:35
Last Modified: 30 Jul 2021 06:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16664

Actions (login required)

View Item View Item