EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUSSALAM ANJIR SERAPAT

Lamia, Lamia (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUSSALAM ANJIR SERAPAT. Skripsi, Tarbiyah dan keguruan.

[img] Text
Pernyataan Lamia.pdf

Download (286kB)
[img] Text
AWAL Lamia.pdf

Download (737kB)
[img] Text
ABSTRAK Lamia.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I Lamia.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II Lamia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III Lamia.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB IV Lamia.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB V Lamia.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Lamia.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Lampiran Lamia.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pendidikan Islam adalah usaha membimbing ke arah pembentukan kepribadian,dalam arti akhlak menjadi perhatian utama, di samping ke arah perkembangan diri dan diharapkan memiliki kepribadian yang paripurna (insan al-kamil) seperti yang ada di sekolahan MI Nahdlatussalam sekolah yang menerapkan pendidikan Islam yaitu pembelajaran kitab kuning. Karena hal itu peneliti tertarik untuk meneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam, untuk mengetahui kitab apa saja yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam dan untuk mengetahui kendala apa saja dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan terjun ke lapangan secara langsung untuk meneliti bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam, kitab apa saja yang digunakan guru dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam, dan kendala apa saja yang didapati oleh guru dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam Anjir Serapat, kitab yang digunakan guru dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam Anjir Serapat, dan kendala pembelajaran kitab kuning di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam Anjir Serapat. Sedangkan yang menjadi subjek adalah kepala sekolah, 2 orang guru pembelajaran kitab kuning dan siswa kelas IV A 4 orang dan kelas IV B 4 orang. Pelaksaan pembelajaran kitab kuning ini meliputi 3 aspek yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan guru tidak menggunakan RPP namun guru menentukan langkah-langkah dalam pembelajaran, pada aspek pelaksanaan guru menggunakan kegiataan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dan pada aspek evaluasi guru melakukan 2 kali yaitu evaluasi semester dan evaluasi setelah pembelajaran diajarkan. Kitab yang digunakan adalah kitab sharaf (Durus At-Tasrif), tauhid(Awaluddin Sifat Dua Puluh), akhlak (Akhlak Lilbanin), tarikh (Riwayat Nabi Muhammad Saw), tajwid (Pelajaran Tajwid), fikih (Fikih Almubadi) dan hadits (Attarbiyah). Pada kendala pembelajan kitab kuning adalah waktu yang terlalu singkat dan mereka belum terbiasa belajar tatap muka karena terlalu lama belajar online.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:29
Last Modified: 28 Jan 2022 06:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item