EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

مشكلات تعلم مهارة الكلام التي يواجهها الطلبة وعلاجها في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بكابواس كاليمنتان الوسطى "Problematika Belajar Keterampilan Kalam yang Dihadapi Siswa dan Perbaikannya di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas Kalimantan Tengah"

Kamila, Kamila (2022) مشكلات تعلم مهارة الكلام التي يواجهها الطلبة وعلاجها في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بكابواس كاليمنتان الوسطى "Problematika Belajar Keterampilan Kalam yang Dihadapi Siswa dan Perbaikannya di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas Kalimantan Tengah". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (988kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika belajar keterampilan kalam yang dihadapi siswa dan perbaikannya di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas Kalimantan Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas Kalimantan Tengah. Metode pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika belajar keterampilan kalam yang dihadapi siswa terbagi menjadi dua macam, diantaranya problematika linguistik dan non-linguistik. Pada problematika linguistik yaitu kurangnya penguasaan kosakata dan kesulitan dalam pengucapan bahasa Arab, adapun problematika non-linguistik yaitu latar belakang pendidikan siswa, kurangnya pengetahuan pada penggunaan metode mengajar, dan kurangnya alokasi waktu yang tersedia. Adapun cara perbaikannya yaitu upaya yang di lakukan siswa untuk mengatasi kesulitan belajar hiwar adalah dengan cara lebih giat dan rajin lagi mempelajari kembali pembelajaran yang di ajarkan sebelumnya di sekolah, memperbanyak mengahafal kosakata bahasa Arab dan mempelajari lagi bagaimana membaca bahasa Arab dengan baik dan benar. Dan upaya yang di lakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan belajar hiwar yg dihadapi siswa adalah mewajibkan siswa untuk menghafal kosakata bahasa Arab dan membiasakan menggunakan bahasa Arab dalam proses pembelajaran. Diketahui bahwa setiap siswa memiliki latar belakang pendidikan dan kemampuan yang berbeda-beda, ini menjadi tanggung jawab bagi guru bahasa Arab agar selalu siap memberikan bimbingan kepada siswa yang kesulitan dalam belajar keterampilan kalam dengan bahasa Arab, memberikan tugas kepada siswa agar siswa dapat lebih memahami kembali materi pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya di dalam kelas, serta menggunakan media dan metode yang bervariasi agar pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Dec 2022 00:29
Last Modified: 12 Dec 2022 00:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21159

Actions (login required)

View Item View Item