EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jemaah PT. Biro Perjalanan Wisata Riyal Tunggal Banjarmasin (Studi Kasus Jemaah Haji Khusus Kabupaten Tabalong Tahun 2022)

Hasby, Firman (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jemaah PT. Biro Perjalanan Wisata Riyal Tunggal Banjarmasin (Studi Kasus Jemaah Haji Khusus Kabupaten Tabalong Tahun 2022). Skripsi, Dakwan dan Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahunya penulis tentang pengaruh antara kualitas pelayanan yang diberikan PT. Biro Perjalanan Wisata Riyal Tunggal Banjarmasin kepada jemaah haji khusus Kabupaten Tabalong pada tahun 2022. Kualitas pelayanan tidak lepas dari kepuasan konsumen sebagai pengguna jasa. Salah satu model kualitas pelayanan yang banyak digunakan saat ini adalah model SERVQUAL (service quality), yang dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan, mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jamaah haji khusus yang berdomisili di Tabalong. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan kuesioner, wawancara, dokumentasi, serta observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah secara simultan atau bersamasama. Sedangkan secara parsial atau sendiri-sendiri, dari kelima dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti langsung (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (empathy) hanya terdapat satu dimensi yang berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan jamaah, sisanya yang lain berpengaruh signifikan terhadap kepuasan jamah. Adapun besarnya pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah sebesar 90,1%, sisanya 9,9% dijelaskan oleh variabel atau faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 18 Jan 2023 06:01
Last Modified: 18 Jan 2023 06:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21726

Actions (login required)

View Item View Item