EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

تعليم اللغة العربية بعد جائحة كوفيد - ۱۹ بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية في باريتو الشمالية - "Pembelajaran Bahasa Arab setelah Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Barito Utara".

Putri, Wina Maulida (2023) تعليم اللغة العربية بعد جائحة كوفيد - ۱۹ بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية في باريتو الشمالية - "Pembelajaran Bahasa Arab setelah Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri Barito Utara". Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan - WINA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Awalan - WINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak - WINA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (770kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (653kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (475kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (675kB)
[img] Text
lampiran - WINA.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang dari penelitian yaitu terdapat proses pembelajaran bahasa arab yang kontras saat pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 dengan pembelajaran setelah berakhirnya pandemi Covid-19 yang berlangsung secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengajaran bahasa Arab di MAN Barito Utara setelah pandemi Covid-19 melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Arab MAN Barito Utara, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Arab pasca Covid-19 di MAN Barito Utara Penelitian ini menemukan bahwa proses pengajaran bahasa Arab di MAN Barito Utara setelah pandemi Covid-19 tergambar sebagai berikut: 1) Pada tahap perencanaan, guru menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan dapat diukur, serta memodifikasi materi sesuai dengan kebutuhan siswa. Komponen perencanaan yang disiapkan guru meliputi RPP, Prota dan Promes serta kalender akademik. Sebelum dan selama pandemi Covid-19, pengajaran bahasa Arab di MAN Barito Utara secara umum memprioritaskan pada desain materi yang mempertimbangkan kemampuan siswa dan tingkat kesulitan yang disesuaikan. 2) Pada tahap pelaksanaan, guru menggunakan berbagai metode yang menstimulus partisipasi dan interaksi siswa, serta memanfaatkan sumber daya yang beragam. Guru juga menggunakan berbagai alat evaluasi untuk mengukur pemahaman dan kemampuan siswa. Adapun selama pandemi, pembelajaran dilakukan secara online melalui metode ceramah dan tanya jawab dan. 3) Pada taha p evaluasi, kemampuan siswa dinilai melalui kegiatan menulis kosakata dan kalimat di depan kelas, serta penyajian masalah terkait materi untuk mendorong pemikiran kritis siswa. Dalam konteks pembelajaran online, kadang-kadang evaluasi dilakukan menggunakan teknologi, seperti tugas video atau suara yang dibuat siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengajaran bahasa Arab setelah pandemi Covid-19 di MAN Barito Utara meliputi: 1) Pengalaman mengajar guru selama 17 tahun dan latar belakang pendidikan yang relevan serta pengetahuan strategis guru juga dianggap cukup memadai, 2) Minat dan motivasi siswa serta keragaman latar belakang pendidikan mereka sebelumnya yang tampak pada antusiasme mereka dalam belajar, 3) Sumber Daya dan Infrastruktur sebagai sarana pendukung keberhasilan pembelajaran bahasa Arab seperti perpustakaan dan referensi ilmu bahas arab yang tersedia, 4) Lingkungan fisik yang baik beruupa gedung bangunan yang masih baru. Namun faktor guru dan faktor siswa memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Barito Utara.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Jul 2023 11:22
Last Modified: 23 Jul 2023 11:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24102

Actions (login required)

View Item View Item