EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

تصميم مواد تعليم اللغة العربية من النصوص الأدبية للمدرسة الثانوية في معهد دار الهجرة مرتافورا كالمنتان الجنوبية و معهد بناء الإسلام غاروغوت كالمنتان الشرقية Penyusunan Desain Materi Ajar Bahasa Arab dari Nash–Nash Arab untuk Siswa-siswi Sekolah Madrasah Tingkat Aliyah dI Pondok Pesantren Darul Hirah putra dan Putri Martapura Kalimantam Selatan dan Pondok Bina Islam Kalimantan Timur (Penelitian dan Pengembangan)

Ismaya, Ismaya (2021) تصميم مواد تعليم اللغة العربية من النصوص الأدبية للمدرسة الثانوية في معهد دار الهجرة مرتافورا كالمنتان الجنوبية و معهد بناء الإسلام غاروغوت كالمنتان الشرقية Penyusunan Desain Materi Ajar Bahasa Arab dari Nash–Nash Arab untuk Siswa-siswi Sekolah Madrasah Tingkat Aliyah dI Pondok Pesantren Darul Hirah putra dan Putri Martapura Kalimantam Selatan dan Pondok Bina Islam Kalimantan Timur (Penelitian dan Pengembangan). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Santri Darul Hijrah dan santri Bina Islam dalam mempelajari pelajaran bahasa arab pada tingkat Aliyah terhadap buku ajar yang dipegang kurang lengkap bagi dan mereka merasa sangat mudah dan kurang menarik dalam pelajaran bahasa arab yang menggunakan buku 2013, selain itu juga guru pengajarnya harus mencari buku lain dalam melengkapi pembelajaran. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis mencoba untuk mendesain materi ajar dari nash nash sastra yang materinya tidak ada diajarkan di sekolahan sebagai buku tambahan disamping buku pegangan . Tujuan penelitian ini adalah untuk. 1) untuk mengetahui karakteristik buku ajar bahasa arab untuk Santri darul hijrah putra dan putri Darul Hijrah pondok pesantren dan santri Bina Islam yang berada di pondok. 2) bagaiamana kelayakan desain ajar pelajaran bahasa arab dari nash –nash sastra arab untuk Santri Darul Hijrah putra dan putri dan pondok pesantren Bina Islam?. Penelitian ini merupaka penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, dan model desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE( AnalysisDesign-Development-Implement-Evaluate) yang dikembangkan oleh Dick and Carey. Hasil dari penelitian ini adalah: karakteristik desain bahan ajar bahasa arab dari sastra arab terdiri dari sampul, pendahuluan, daftar isi, petunjuk penggunaan, materi-maetri ajar bahasa arab,kesimpualan dan daftar pustaka, dan diakhiri dengan latihan-latihan. Adapun kelayakan dari buku ini hasil dari nilai nilai dari para ahli, dari desain buku 63%, desain materi 64% dan kefashihan bahasa 85%. nilai dari guru bahasa arab desain materi 96 % desain buku 98% Kemudian nilai siswa pondok darul hijrah martapura kalimantan selatan meliputi desain materi 91% dan desain buku 85%, nilai dari siswi pondok Bina Islam grogot kalimantan timur desain materi 83% desain buku 94%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:17
Last Modified: 27 Mar 2024 02:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26331

Actions (login required)

View Item View Item