EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Program Literasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin

Ideris, Ideris (2018) Pelaksanaan Program Literasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Ideris. 2018. Pelaksanaan Program Literasi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Drs. H. Muhammad Yusuf, M. Fil. l. dan Tamjidnor S. Ag., M. Pd. I. Membaca adalah kemampuan pertama yang harus dimiliki sebelum mempelajari sesuatu. Bahkan wahyu pertama Allah Swt. Kepada Nabi Muhammad Saw. Memerintahkan untuk membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas 4, 5 dan 6, pihak perpustakaan, dan dua peserta didik setiap kelas 4, 5 dan 6. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program literasi sekolah dan jenis-jenis program literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan program literasi sekolah dan jenis-jenis program literasi sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program literasi sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarmasin dilaksanakan pada pagi hari sebelum awal pembelajaran di mulai yaitu kegiatan membaca yang meliputi membaca Alquran berupa surah-surah pendek dan membaca buku non pelajaran, pada kegiatan menulis meliputi menulis mading yang dilaksanakan di sekolah atau di rumah secara bergantian setiap seminggu sekali untuk setiap kelas 4, 5 dan 6 dan setiap kelas diminta 4-5 orang untuk menulis mading dengan tema yang telah ditentukan dan dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pembiasaan dengan membaca setiap pagi 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, tahap pengembangan yaitu perubahan pengetahuan yang didapat dari tahap pembiasaan dan tahap pembelajaran yaitu meningkatkan kemampuan literasi pada semua mata pelajaran dan Tahap evaluasi yaitu tahap mengetahui perkembangan pembelajaran literasi disekolah dasar. Terdapat perubahan yang signifikan dengan adanya kegiatan literasi sekolah dan terpenuhinya semua unsur kegiatan literasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:10
Last Modified: 07 Aug 2018 07:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item View Item