EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala.

Sufiannur, Sufiannur (2018) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Sufiannur. 2018. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Bidang Konten dan Metodologi Bapak Dr. H. Hilmi Mizani, M.Ag dan Pembimbing Bidang Bahasa dan Teknik Penulisan Ibu Dra. Hj. Shafiah, M.Pd.I Skripsi ini mengemukakan tentang Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru PAI Di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala. Dengan rumusan masalah: Bagaimana Penyusunan Rencana Pelaksanaan (RPP) Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala serta Apa Saja Kendala Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Diskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala. Dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru PAI, pada pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu sebagai berikut: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata ditemukan bahwa Guru PAI di SDN 1 Lupak Timur Kapuas Kuala dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan cara mengganti/merevisi RPP orang lain kemudian disesuaikan dengan kondisi sekolah. Penyusunan RPP dilakukan setiap awal semester, setelah itu dikumpul dan diperiksa oleh kepala sekolah. Dalam pelaksanaan penyusunan RPP guru terlebih dahulu mengerjakan beberapa hal yang sangat penting, yaitu: pertama merumuskan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi, kedua menentukan materi pembelajaran, ketiga memilih media dan sumber pembelajaran, keempat merancang penilaian hasil belajar. Adapun komponen-komponen RPP guru sebagian besar sudah sesuai dengan kriteria yang dimaksud dalam Permendiknas No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. hanya saja pada metode pembelajaran tidak tepat. Adapun Kendala yang dihadapi Guru PAI Dalam Penyusunan RPP adalah belum memahami benar mengenai seluk beluk penyusunan RPP yang baik dan benar serta Sangat terbatasnya buku pelajaran yang tersedia disekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:18
Last Modified: 13 Aug 2018 02:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item